Gandeng TNI, Menkominfo Membangun 5.000 BTS di Papua dan Natuna

Gandeng TNI, Menkominfo Membangun 5.000 BTS di Papua dan Natuna
Panglima TNI Marsekal TNI Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto (kanan) menerima kunjungan kerja Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) RI Johnny G Plate di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (5/5/2021). Foto: Puspen TNI

jpnn.com, JAKARTA - Panglima TNI Marsekal TNI Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto menerima kunjungan kerja Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) RI Johnny G Plate di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (5/5/2021).

Dalam kunjungan tersebut, Menkominfo didampingi oleh Deddi Permadi (Staf Khusus Bidang Komunikasi Publik), Ahmad Ramli (Dirjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika), Anang Achmad Latif (Dirut Badan Aksesibilitas Layanan Telekomunikasi dan Informasi) Samuel A. Pangerapan (Dirjen Aplikasi Informatika).

Dalam pertemuannya dengan Panglima TNI, Menkominfo menyampaikan rencana pembangunan 5.000 Base Transceiver Station (BTS) di wilayah Papua dan Natuna yang akan dilakukan oleh Kemenkominfo.

“Pembangunan 5.000 BTS tersebut dilakukan untuk pemerataan akses internet di seluruh Indonesia. Kementerian Komunikasi dan Informatika berencana untuk membangun BTS secara masif diseluruh wilayah Indonesia, khususnya diwilayah terpencil dan terluar,” ujar Johnny..

Kemenkominfo akan membangun BTS tersebut di area yang tidak dimasuki operator seluler khususnya daerah tertinggal, terdepan, dan terluar.

“Hari ini secara khusus saya bertemu dengan Panglima TNI untuk menerjemahkan secara teknis program-program dan kebijakan Presiden RI Joko Widodo di sektor Kominfo,” kata Menkominfo.

Menurut Johnny G Plate nantinya Kominfo akan menggandeng TNI untuk membantu pengamanan pembangunan infrastruktur digital atau teknologi informasi dan komunikasi yang lebih memadai di seluruh wilayah tanah air khususnya di Papua.

“Hal tersebut untuk mengantisipasi gangguan keamanan selama proses pembangunan BTS di wilayah Papua, mulai dari pengiriman logistik dan bahan yang akan digunakan dalam membangun BTS,” ungkapnya.

TNI akan mendukung penuh rencana pembangunan infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi yang dilakukan oleh Kementerian Kominfo.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News