Gandeng Warung Rakyat, Bupati Azwar Anas Sediakan Kupon Makan Buat Pekerja Informal

Gandeng Warung Rakyat, Bupati Azwar Anas Sediakan Kupon Makan Buat Pekerja Informal
Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas membuat terobosan baru untuk memenuhi kebutuhan para pekerja informal yang kena dampak corona. Foto: source for JPNN.com

jpnn.com, BANYUWANGI - Pemerintah Kabupaten Banyuwangi membagikan kupon makan gratis untuk para pekerja informal terdampak penyebaran virus corona.

Mereka adalah pekerja informal yang mengandalkan pendapatan harian dan kini pemasukannya turun lantaran banyak warga mengurangi aktivitas di luar rumah.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan, warung-warung rakyat dilibatkan agar memberi dampak perputaran ekonomi bagi pelaku usaha mikro.

Warung rakyat yang pendapatannya juga ikut turun tetap terjaga dengan order dari Pemkab Banyuwangi ini.

Adapun pekerja informal tetap terpenuhi kebutuhan makannya.

”Sehingga ini sekali mendayung, dua tiga pulau terlampaui. Warung rakyat tetap hidup, penyerapan tenaga kerjanya terjaga, bisnis bumbu-bumbu di pasar terserap. Di sisi lain, ini bisa membantu pekerja informal yang pendapatan hariannya berkurang di masa sulit saat ini,” ujar Anas, Jumat (3/4).

Anas memaparkan, pembagian kupon ditentukan lokasi dan waktu pengambilan, serta makanan wajib dibawa pulang, sehingga penyaluran program ini memperhatikan kewajiban physical distancing.

Adapun warung-warung rakyat dipantau higienitasnya. Menunya memenuhi konsumsi gizi seimbang, seperti memadukan karbohidrat (nasi), vitamin (sayur-sayuran), dan protein (daging, telur, kacang-kacangan).

Bupati Azwar Anas pengin menjaga warung-warung milik rakyat tetap hidup di masa wabah corona ini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News