Ganjar Beri Bantuan Air Bersih Gratis untuk Warga Kurang Mampu di Banjarnegara

Ganjar Beri Bantuan Air Bersih Gratis untuk Warga Kurang Mampu di Banjarnegara
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo ketika mengecek pemberian bantuan air bersih kepada warga di Banjarnegara. Dok: Tim media Ganjar.

jpnn.com, BANJARNEGARA - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyalurkan sejumlah bantuan untuk percepatan pengentasan kemiskinan. Kali ini, Ganjar membantu Sistem Penyediaan Air Bersih (SPAM) ke masyarakat desa.

Sebanyak 80 kepala keluarga (KK) di Desa Plumbungan, Kecamatan Pagentan, Kabupaten Banjarnegara mendapatkan bantuan SPAM. Bantuan itu ditujukan untuk perbaikan kualitas air yang dikonsumsi masyarakat sehari-hari.

Ganjar mengatakan bantuan SPAM juga diberikan untuk menyikapi musim kemarau yang terjadi di sejumlah daerah.

"Di beberapa tempat memang beberapa hari tidak ada air bersih, maka kami cari agar bisa mandiri. Kami berikan bantuan dari pemprov kemudian kami tarik ke desa, nanti beberapa RT akan bisa mendapatkan sumber air bersih. Harapan kami air bersihnya akan bisa terjamin jauh lebih bagus," ujar Ganjar dalam siaran persnya, Kamis (27/7).

Bantuan SPAM itu merupakan bantuan air bersih gratis sebagai upaya percepatan pengentasan kemiskinan yang sedang digalakkan Ganjar di Jawa Tengah. Warga yang mendapatkan bantuan SPAM pun tidak perlu membayar iuran air lagi.

Selain itu, perbaikan kualitas air bersih tersebut diharapkan bisa menyehatkan masyarakat yang mengonsumsi air SPAM sehingga taraf hidupnya ikut meningkat.

"Tinggal beberapa KK yang belum ada nanti kami  minta dari desa meneruskan, dari kabupaten meneruskan. Sekarang sudah 80 KK yang sudah, yang belum 120 KK tinggal dibuat nanti ditarik dengan baja ringan," kata Ganjar.

Adapun biaya pembangunan SPAM Desa Plumbungan berasal dari Bantuan Pemprov Jawa Tengah dengan nilai kontrak mencapai Rp 350.135.192 dari APBD 2023.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyalurkan bantuan air bersih gratis kepada para warga kurang mampu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News