Ganjar Ingatkan Pentingnya Kesejahteraan Guru Sebagai Investasi Pendidikan

Ganjar Ingatkan Pentingnya Kesejahteraan Guru Sebagai Investasi Pendidikan
Bakal calon presiden (bacapres) 2024 Ganjar Pranowo. Dok: Tim media Ganjar.

jpnn.com, JAKARTA - Bakal calon presiden (bacapres) Ganjar Pranowo menyampaikan keinginannya untuk menyejahterakan profesi guru dengan memberikan gaji yang layak. Ganjar yakin kenaikan gaji yang besar bisa tercapai secara bertahap.

"(Gaji guru besar) bisa kita (naikan) lakukan secara bertahap. Karena harus dibaca lebih lengkap lagi dari obrolan saya," kata Ganjar seusai mengisi acara dalam 'Ganjar Menjawab Tantangan Masa Depan Indonesia', yang diadakan Forum Alumni Perguruan Tinggi se-Indonesia di The Ballroom Djakarta Theater, Jakarta Pusat, Minggu (17/9).

Menurut Ganjar, menyejahterakan guru merupakan bagian dari investasi pendidikan untuk menyambut bonus demografi.

Bonus demografi akan menjadi hal baik bagi Indonesia apabila didukung infrastruktur dan gurunya yang berkualitas dan sejahtera.

"Guru perlu mendapatkan perhatian yang bagus karena mendapatkan satu bonus demografi. Itu harus dikelola dengan baik dan investasi pendidikan kita mesti besar pada saat itu," ujar mantan Gubernur Jawa Tengah dua periode tersebut.

Eks anggota DPR itu juga menyoroti tentang banyak lulusan universitas terbaik enggan menjadi guru karena pertimbangan ekonomi.

Dengan meningkatkan pendapatan guru, Ganjar menilai akan ada lebih banyak lulusan yang tertarik untuk memilih karier pendidikan, yang pada gilirannya akan meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

"Menurut saya ini bagian cara kita satu menghormati guru dan profesi ini menjadi sangat bergengsi, apalagi kita harus mengejar ketertinggalan," kata pria dengan ciri khas rambut putih tersebut.

Bacapres 2024 Ganjar Pranowo mengingatkan soal pentingnya kesejahteraan guru sebagai investasi pendidikan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News