Ganjar Kucurkan Rp 12,75 Miliar Untuk Pembangunan Tanggul di Pekalongan

Ganjar Kucurkan Rp 12,75 Miliar Untuk Pembangunan Tanggul di Pekalongan
Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo saat mengecek pembangunan tanggul di Pekalongan. Dok tim media Ganjar.

jpnn.com, PEKALONGAN - Pemprov Jawa Tengah (Jateng) membangun tanggul sepanjang 700 meter di pesisir utara Kota Pekalongan. Hal itu bertujuan untuk mencegah terjadinya banjir rob.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengatakan dengan adanya tanggul tersebut akan mengurangi potensi terjadinya banjir rob di Pekalongan.

"Yang di sini baru mulai ditutup dan sudah mulai bisa (menahan air) sedikit. Kalau penutup ini sudah jadi, insyaallah bagus," ujar Ganjar dalam siaran persnya, Kamis (8/9).

Adapun pembangunan tanggul sepanjang 700 meter merupakan hasil bantuan provinsi tahun anggaran 2022 senilai Rp 12,75 miliar. Dana itu diusulkan dalam musyawarah perencanaan dan pembangunan (musrenbang) di Pekalongan beberapa waktu lalu.

Ganjar menekankan meski pemerintah menggelontorkan bantuan, upaya pencegahan banjir harus dilakukan oleh seluruh pihak. 

Oleh karena itu, Ganjar mengimbau masyarakat untuk mengurangi kapasitas pengambilan air tanah. Lalu, pengelolaan sampah juga harus diperbaiki agar saluran airnya tak tersumbat dan lingkungannya bersih. 

"Berkaitan dengan rob ini pengambilan air tanah mesti dikurangi, pemerintah akan siapkan air bersihnya. Lalu partisipasi masyarakat termasuk ditanami, sampahnya dikelola biar tempatnya tidak kumuh," ucap Ganjar. 

Orang nomor satu di Jateng itu menemukan kekurangan pada pembangunan tanggul yang masih terdapat rembesan air.  Selain itu penutup dan parapet (sandaran), Ganjar meminta untuk lebih dipadatkan lagi. 

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengucurkan dana sebesar Rp 12,75 miliar untuk pembangunan tanggul di Pekalongan. Tujuannya untuk mencegah banjir rob.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News