Ganjar Kumpulkan Data Seluruh Pasien RS di Jateng

Ganjar Kumpulkan Data Seluruh Pasien RS di Jateng
Gubenur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Foto dok Pemprov Jateng

jpnn.com, SEMARANG - Gubenur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta dinas kesehatan Pemprov Jateng segera mengumpulkan data-data seluruh pasien di Rumah Sakit (RS) se-Jateng.

Pengumpulan data pasien di seluruh RS dilakukan untuk menemukan tindakan tepat atas indikasi penyakit ginjal akut di Jateng.

Selain itu, Ganjar menyebut pengumpulan data dilakukan agar treatment penanganannya tidak keliru.

"Saya minta kepala dinas kesehatan mintakan data seluruh pasien yang ada di rumah sakit dan yankes (pelayanan kesehatan) yang ada di Jateng, semuanya. Sehingga kami bisa tahu yang mereka terindikasi GGA (gagal ginjal akut) itu agar cepat direspons dan langsung dicek," ujar Ganjar di Hotel Gets Semarang, Kota Semarang, Selasa (25/10).

Terkait lima anak yang terindikasi gagal ginjal akut di Jateng, politikus PDIP ini menyebut pihaknya telah melakukan pemantauan dan tes lab.

Hasilnya, beberapa dinyatakan negatif gagal ginjal akut.

"Kami pantau terus menerus, alhamdulillah kemarin di Jawa Tengah indikasi-indikasi yang muncul, beberapa di antaranya orang di Jawa Tengah tapi dirawat di Sardjito (DIY)," katanya.

Sampai saat ini Pemprov Jateng terus melakukan pencatatan dan pendataan terkait kasus ini.

Ganjar mengimbau agar masyarakat memerhatikan imbauan pemerintah pusat terkait obat-obatan tertentu yang tidak boleh digunakan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News