Ganjar Menilai Ponpes Darunnahdlatain Berhasil Melakukan Pendidikan Formal ke Perempuan

Ganjar Menilai Ponpes Darunnahdlatain Berhasil Melakukan Pendidikan Formal ke Perempuan
Bakal Calon Presiden (Bacapres) PDI Perjuangan Ganjar Pranowo di Pondok Pesantren Darunnahdlatain NWDI Pancor, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB). Foto: DPP PDIP

jpnn.com, LOMBOK TIMUR - Bakal Calon Presiden (Bacapres) PDI Perjuangan Ganjar Pranowo mengaku kagum dengan metode pendidikan Pondok Pesantren Darunnahdlatain NWDI Pancor, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Dalam kunjungannya pada Minggu (18/6), Ganjar menilai ponpes tersebut berhasil melakukan pendidikan formal kepada perempuan.

"Santrinya luar biasa, datang dari seluruh pelosok. Yang luar biasa adalah pondok ini berdiri sebelum Indonesia merdeka. Yang menarik dobrakannya, kontribusinya kepada bangsa dan negara dalam pendidikan formal dan klasikal yang dibuka pertama di sini," kata Ganjar.

Di sisi lain, lanjut Ganjar, dirinya sangat tertarik dengan lama berdirinya ponpes itu, yaitu pada 1943.

Menurut Ganjar, pendidikan formal untuk perempuan juga sangat kuat di sana.

"Pendidikan formal untuk perempuan dibuat di sini, sehingga di sini saya tanya banyak santri yang dari luar NTB datang ke sini, mereka tahu dari YouTube, ada juga yang tahu dari guru-gurunya, tuan guru yang dulu belajar di sini, sekarang sudah menyebar ke seluruh Indonesia dan mereka punya pondok, berceritalah mereka sehingga banyak anak-anaknya santriwati ini pengin mondok ke sumbernya, jadi mereka ke sini," kata Ganjar.

Ganjar mengharapkan Ponpes Darunnahdlatain NWDI melanjutkan perjuangannya dalam mencerdaskan anak bangsa.

"Harapan kami ada semangat yang sejak tahun 1945, pendidikan untuk perempuan itu ada oleh pondok pesantren, betul-betul bisa memberdayakan kelompok perempuan. Ya, tadi perempuan semua, hebat ini," kata Ganjar.

Menurut Ganjar, pendidikan formal untuk perempuan juga sangat kuat di Pondok Pesantren Darunnahdlatain NWDI.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News