Ganjar Promosikan Festival Kopi Magelang, Catat Tanggal Penyelenggaraannya

Ganjar Promosikan Festival Kopi Magelang, Catat Tanggal Penyelenggaraannya
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan anak-anak muda Magelang. Foto: IG @ganjarpranowo

jpnn.com, MAGELANG - Dalam acara vaksinasi massal di Borobudur, Minggu (26/9) tampak sejumlah pemuda yang tergabung dalam komunitas kopi Magelang membagikan kopi gratis.

Selain membagikan kopi, mereka juga menginfokan terkait acara Festival Kopi Magelang atau Magelang Coffee Fest yang akan kembali digelar pada 2 Oktober mendatang di dalam kompleks Candi Borobudur untuk memperingati hari kopi internasional.

Ketua panitia kegiatan, Muhammad Arif Setiawan menyebut kopi yang disajikan merupakan kopi terbaik milik petani-petani Magelang.

"Sebanyak 1 juta cangkir kopi akan kami bagikan gratis dalam acara itu. Kopi itu hasil dari kegiatan sobo kebon (keliling kebun) milik petani untuk kami pilih kopi terbaik Magelang," jelasnya.

Festival kopi tersebut sengaja digelar untuk mengangkat kopi Magelang. Sebab, kopi merupakan salah satu penyangga ekonomi masyarakat Magelang.

"Selama pandemi ini, kami merasakan dampak bagi petani kopi yang drop penghasilannya. Untuk itu kami ingin menggelar festival ini dengan agar para petani kopi di Magelang bisa sejahtera," ucapnya.

Kopi dan Magelang, lanjut Arif, tak bisa dipisahkan. Bahkan menurut catatan sejarah, Magelang dulu dibangun dari hasil penjualan kopi.

"Kopi di Magelang itu ada banyak sekali. Kalau kita lihat data, dari 5 gunung yang ada di sekitar Magelang, semuanya punya kopi. Dalam setahun, hasil kopi Magelang 500 ton lebih per tahun," jelasnya.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mendukung penuh kegiatan anak-anak muda dalam Festival Kopi Magelang.