Ganjar Sebut Budaya Nasional Penting untuk Dilestarikan dan Dikembangkan

Ganjar Sebut Budaya Nasional Penting untuk Dilestarikan dan Dikembangkan
Capres nomor urut tiga pada Pemilu 2024, Ganjar Pranowo ketika berada di Sleman. Dok: tim media Ganjar-Mahfud.

jpnn.com, SLEMAN - Capres nomor urut tiga pada Pemilu 2024, Ganjar Pranowo mendatangi Embung Kaliaji, yang terletak di Dusun Sangurejo, Desa Wonokerto, Kecamatan Turi, Kabupaten Sleman, Yogyakarta, Selasa (6/2).

Kedatangan Ganjar ke Embung Kaliaji untuk menghadiri acara bertajuk "Jathil Bareng Mas Ganjar”. Ketika tiba, capres berambut putih ini disambut kesenian jatilan dan ribuan masyarakat Sleman yang sudah menantinya untuk bertemu secara langsung.

Adapun jatilan merupakan kesenian yang telah lama dikenal oleh masyarakat kota Yogyakarta dan sekitarnya bahkan juga diwilayah Jawa Tengah.

Kesenian jatilan juga dikenal dengan nama kuda lumping, jaran kepang, dan kuda kepang.

Dalam kesempatan itu, Ganjar mengaku seperti bernostalgia semasa kecil lantaran kerap menonton kesenian seperti jatilan. Ganjar menyebut seni tradisional tak hanya cukup dengan dilestarikan, tetapi harus dikembangkan agar tak lekang oleh zaman.

“Kalau saya kecil itu kan di desa ya reog, jatilan ya terus kemudian kesenian tradisional-tradisional yang ditarikan oleh siapapun. Maka hari ini di Sleman mereka mengundang (saya) jatilan, masyarakat bisa berkumpul dengan bahagia, inilah seni-seni tradisional tidak hanya dilestarikan, tapi dikembangkan,” ujar Ganjar.

Menurut Ganjar, seni tradisional seperti jatilan ini harus sering ditampilkan melalui sebuah festival. Dengan begitu bisa memberikan pesan kepada masyarakat jika Indonesia kaya akan budaya.

“Inilah anak-anak mudanya menarik, kostum juga bagus-bagus, mungkin nanti dengan festival dan akan bisa memberikan pesan kebaikan kepada masyarakat,” kata dia.

Selain itu, Ganjar pun mengatakan bahwa pemerintah cukup memfasilitasi kebutuhan para pelaku seni, sehingga mereka tinggal mengerjakan tugasnya.

Capres nomor urut tiga pada Pemilu 2024, Ganjar Pranowo menyebut budaya nasional sangat penting dilestarikan dan dikembangkan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News