Ganjar Ziarahi Makan Gus Dur & Mbah Hasyim Asy'ari, Lihat Siapa yang Mendampingi

Ganjar Ziarahi Makan Gus Dur & Mbah Hasyim Asy'ari, Lihat Siapa yang Mendampingi
Ganjar Pranowo ketika menziarahi makam Gus Dur dan Mbah Hisyam Asy'ari di Jombang. Dok: Tim media GP.

jpnn.com, JOMBANG - Capres nomor urut tiga pada Pilpres 2024, Ganjar Pranowo menziarahi makam Presiden RI ke-4, Abdurrahman Wahid atau Gus Dur di Ponpes Tebuireng, Jombang.

Dalam kesempatan itu, Ganjar didampingi salah satu putri Gus Dur, Yenny Wahid, serta Gus Fahmi, dan Gus Kikin.

Setibanya di Ponpes Tebuireng, Ganjar langsung disambut keluarga besar Gus Dur dan masuk ke rumah utama.

Seusai berdiskusi tertutup, Ganjar, Yenny Wahid, Gus Fahmi, Gus Kikin, dan sejumlah ulama lain berjalan ke pusara Gus Dur dan ulama besar pendiri NU, Hasyim Asy'ari.

Ganjar dan Yenny nampak khusyuk berdoa di pusara Gus Dur. Mereka membaca tahlil untuk mendoakan bapak toleransi itu. Usai berdoa, Ganjar dan Yenny menaburkan bunga ke makam Gus Dur, makam Mbah Hasyim Asy'ari dan makam lainnya di sana.

"Ini kali kedua saya ziarah ke makam Gus Dur. Dan setiap ziarah, selalu mendapat sambutan hangat keluarga," ujar Ganjar.

Ganjar mengatakan selalu ada pelajaran yang didapat seusai berziarah ke makam suami Sinta Nuriyah itu. Misalnya, dari batu nisan Gus Dur, Ganjar mendapat pelajaran berharga.

"Jadi, di batu nisan Gus Dur itu unik, ada tulisan Arab, Inggris, China, dan bahasa Indonesia. Maka yang selalu kita ingat adalah semangat perjuangan beliau dalam menjaga pluralisme dan bhineka tunggal ika. Kita sebagai generasi penerus harus selalu ingat soal itu," ujar Ganjar.

Capres nomor urut tiga pada Pemilu 2024, Ganjar Pranowo menziarahi makam Gus Dur dan Kiai Hasyim Asy'ari.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News