Gara-Gara Anomali, Sri Mulyani Disemprot Rizal Ramli

Gara-Gara Anomali, Sri Mulyani Disemprot Rizal Ramli
Mantan Menko Maritim Rizal Ramli saat menerima ratusan warga di rumahnya, kawasan Jalan Bangka, Jakarta Selatn, Rabu (4/7). Foto: istimewa for JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Bekas Menko Kemaritiman Rizal Ramli kembali sewot kepada Menteri Keuangan Sri Mulyani. Kali ini gara-gara anak buah Presiden Joko Widodo itu menyebut defisit neraca perdagangan yang mencapai USD 2 miliar sebagai anomali.

“Setiap ada masalah dilabel 'Anomali' sering banget pake label ‘Anomali' kalau ndak mampu kurangi efeknya. Padahal semua sudah bisa diperkirakan jauh-jauh hari. Madamme Anomali, ngopi gih di Anomali Coffee,” kata mantan Menko Perekonomian era Presiden RI ke 4 Gus Dur dalam kicauannya di Twitter @ramlirizal dengan disisipi emoji tertawa, Kamis (16/8).

Masih dalam kicauannya, tokoh pergerakan 77/78 ini mengomentari soal penetapan kupon mengambang dengan kupon minimal (floating with floor) SBR004 sebesar 8,0 persen. Angka itu lebih tinggi dibanding SBR003 yang diterbitkan Mei lalu sebesar 6,8 persen.

“Supaya terus bisa ngutang, harus terbitkan surat utang dengan yield semakin tinggi. Memang ilmu ekonom neoliberal sebatas hanya doyan naikkan harga dan naikkan utang dengan bunga semakin tinggi,” ujar pria yang akrab disapa RR.

Sejak dipecat dari kursi menteri beberapa tahun lalu, Rizal terus mengkritik kebijkan ekonomi rezim Jokowi. Dia berkali-kali menyebut tim ekonomi Jokowi lemah.

Namun, menurut Rizal, pemerintah justru tengah berbangga atas capaian ekonomi yang menurut mereka sedang on the track. Pemerintah yang kini digawangi Sri Mulyani sebagai menteri keuangan justru sibuk membantah peringatan yang dikeluarkan Rizal.

Akibatnya, klaim Rizal, Indonesia saat ini mengalami krisis ekonomi. “6 bulan lalu, RR sudah katakan badan ekonomi Indonesia sedang sakit, antibody kita lagi lemah. Tapi tim ekonomi Pak Jokowi sibuk bantah-bantah Rizal Ramli. Soal utang kepedean abis,” ujar RR dalam akun Twitter-nya.

Bagi Rizal, membaca indikasi krisis ekonomi itu mudah. Jika utang swasta besar, defisit berjalan besar, dan mata uang Indonesia overvalued delapan persen maka ekonomi akan bergejolak.

Rizal Ramli kembali sewot kepada Menteri Keuangan Sri Mulyani. Kali ini gara-gara anak buah Presiden Joko Widodo itu menggunakan kata anomali

Sumber RMOL.co

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News