Gara-gara ini Mudik Imlek Kacau Balau

Gara-gara ini Mudik Imlek Kacau Balau
Suasana salah satu stasiun di Tiongkok. Foto : dok jawa pos

BEIJING - Cuaca buruk berupa badai salju membuat arus transportasi di wilayah Tiongkok utara dan selatan lumpuh. Tentu hal tersebut mengacaukan jadwal liburan tahun baru Imlek. Puluhan ribu orang terjebak di Stasiun Guangzhou, Provinsi Guangdong, kemarin (2/2). Banyak kereta menuju Provinsi Guangdong yang ditunda keberangkatannya. 

Pihak kepolisian menyatakan bahwa para pemudik tersebut terjebak di dua stasiun utama, yaitu Stasiun Guangzhou dan Guangzhou East. Jumlahnya mencapai 100 ribu orang pada Senin (1/2). Hingga kemarin siang, masih ada lebih dari 50 ribu orang yang belum mendapatkan transportasi untuk pulang kampung. Sebanyak 24 kereta api di Stasiun Guangzhou memang terlambat dari jadwal. Pi­hak Stasiun Guangzhou menyebut angka yang berbeda untuk jumlah penumpang yang keleleran itu.

''Pusat kontrol migrasi festival musim semi (Imlek, Red) area Guangzhou mengestimasikan ada 38 ribu penumpang yang menunggu,'' ujar pihak perkeretaapian Guangzhou.
 

Untuk mengamankan situasi, pemerintah menerjunkan hampir 4 ribu polisi dan penjaga keamanan. Terlebih, diperkirakan bahwa kekacauan transportasi ini terus berlanjut. Sebab, cuaca buruk akan berlangsung hingga beberapa hari ke depan. Pihak kepolisian meminta orang-orang yang jadwal keberangkatan keretanya masih lama tidak pergi ke stasiun lebih dulu. Ini ditujukan untuk menghindari kepadatan yang berlebihan di stasiun. 

BEIJING - Cuaca buruk berupa badai salju membuat arus transportasi di wilayah Tiongkok utara dan selatan lumpuh. Tentu hal tersebut mengacaukan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News