Gatot Punya Kewenangan Teken Pembentukan Tiga Provinsi

Gatot Punya Kewenangan Teken Pembentukan Tiga Provinsi
Gatot Punya Kewenangan Teken Pembentukan Tiga Provinsi
JAKARTA-- Gatot Pujo Nugroho punya kewenangan seperti yang dimiliki seorang gubernur. Karenanya, Gatot sebenarnya bisa memutuskan menyetujui atau menolak aspirasi pembentukan tiga calon provinsi baru sempalan Sumut.

Mendagri Gamawan Fauzi menjelaskan, dalam Surat Keputusan Presiden (Kepres) mengenai penunjukan Gatot untuk memimpin roda pemerintahan di Sumut setelah Syamsul Arifin ditetapkan sebagai tersangka, sama sekali tidak ada tercantum istilah pelaksana tugas (Plt) gubernur Sumut. "Tak eksplisit disebut plt,"  terang Gamawan di kantornya, Jumat (27/5).

Di Kepres itu, lanjut Gamawan, dinyatakan bahwa Gatot melaksanakan tugas-tugas gubernur. "Jadi, dia melaksanakan tugas-tugas gubenur. Toh dia wakil juga. Kalau (bunyi Kepres, red) melaksanakan tugas gubernur, tentu utuh (kewenangan Gatot, red)," kata Gamawan.

Kewenangan Gatot yang seperti inilah, lanjut mantan gubernur Sumbar itu, yang juga menjadi kendala penentuan nama sekda Sumut. Gatot merasa punya kewenangan mengajukan calon dan sudah mengajukan tiga nama, sedang Syamsul juga sudah mengajukan tiga nama saat dia masih berstatus sebagai gubernur.  "Itulah perdebatan soal sekda," terangnya.

JAKARTA-- Gatot Pujo Nugroho punya kewenangan seperti yang dimiliki seorang gubernur. Karenanya, Gatot sebenarnya bisa memutuskan menyetujui atau

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News