GAWAT! Dukun Bisa Kirim Santet Lewat Medsos

GAWAT! Dukun Bisa Kirim Santet Lewat Medsos
Foto ilustrasi.dok.Jawa Pos

jpnn.com - PARANORMAL alias dukun rupanya bisa melakukan hal-hal mistis dengan memanfaatkan media sosial.

Hal itu diungkapkan Jazannul Azriq Aripin yang merupakan Humas Kementerian CyberSecurity Malaysia. Dia mengingatkan para pengguna Facebook agar tidak mengunggah foto secara sembarangan.

Pasalnya, ada ancaman kejahatan ilmu hitam yang beredar melalui media jejaring sosial tersebut. 

Aripin menjelaskan, dukun di Malaysia yang dikenal dengan sebutan "Bomoh", diduga dapat mengirim santet hanya dengan bermodal foto pengguna Facebook.

"Jangan heran jika bomoh semakin pintar. Alat sihir mereka sudah lebih modern. Mereka mungkin telah menginstal broadband nirkabel untuk meluncurkan sihir hitam mereka. Jadi, hindari meng-upload gambar pribadi untuk menghindari ancaman ilmu hitam," katanya dikutip dari laman CNET, Minggu (13/3).

Menurutnya, dahulu bomoh memang dikenal sebagai orang yang memiliki ilmu menyembuhkan seseorang. Namun, dalam beberapa dekade terakhir citranya berubah, karena ilmunya banyak disalahgunakan.

"Beberapa tahun yang lalu, seorang dukun bernama Dato Mahaguru Ibrahim Mat Zin menjadi berita utama ketika ia menggunakan peralatan seperti teropong bambu dalam upaya untuk membantu menemukan para penumpang dari penerbangan hilang MH370," terangnya.(fab/JPG/jpnn)

 



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News