Gawat! Hubungan Korut-Korsel Memanas Gara-gara Meninggalnya Orang Ini

Gawat! Hubungan Korut-Korsel Memanas Gara-gara Meninggalnya Orang Ini
Kim Yang-gon (kiri). Foto AP/Jawa Pos

SEOUL - Hubungan antara Korea Utara (Korut) dan Korea Selatan (Korsel) diperkirakan memanas. Itu setelah Korut kehilangan salah seorang ajudan tertinggi. Kemarin (30/12) Kantor Berita Pusat Korea (KCNA) melaporkan meninggalnya Kim Yang-gon dalam sebuah kecelakaan. Politikus 73 tahun itu merupakan orang kepercayaan Kim Jong-un dalam hubungan Korut dan Korea Selatan (Korsel).

"Sekretaris Partai Pekerja Korut Kim Yang-gon meninggal dunia dalam kecelakaan lalu lintas pada Selasa (29/12) pukul 06.15 waktu setempat," terang KCNA (Korean Central News Agency) dalam pernyataan resmi kemarin. Sayang, tidak ada keterangan lebih terperinci tentang kecelakaan maut tersebut. KCNA hanya menyebutkan bahwa Kim merupakan ajudan tertinggi yang paling dipercaya Jong-un.

"Kematian beliau merupakan kehilangan besar bagi partai dan seluruh rakyat Korut," lanjut KCNAtentang Kim. Rencananya politikus senior yang oleh Pyongyang dilabeli sebagai ajudan paling setia dan taat itu dimakamkan hari ini (31/12). Jong-un sendirilah yang akan memimpin upacara pemakaman kenegaraan untuk salah satu orang terdekatnya tersebut. 

KCNA sama sekali tidak membahas kecelakaan yang merenggut nyawa Kim Selasa pagi lalu. Namun, sejumlah pengamat politik Korsel curiga, ada unsur kesengajaan di balik insiden tersebut. Apalagi, belakangan Kim menjadi salah seorang politikus paling disegani di Korut. Terutama sejak terlibat dalam pertemuan dua Korea pada Agustus lalu. Dia juga aktif dalam dialog tentang rekonsiliasi.

SEOUL - Hubungan antara Korea Utara (Korut) dan Korea Selatan (Korsel) diperkirakan memanas. Itu setelah Korut kehilangan salah seorang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News