Gaya Menpar Arief Yahya Membangun WIN-Way Wonderful Indonesia (1)

Obat “Anti Lelet” Itu Mereknya 3S

Gaya Menpar Arief Yahya Membangun WIN-Way Wonderful Indonesia (1)
Menpar Arief Yahya. FOTO: dok/jpnn.com

jpnn.com - BRANDING Wonderful Indonesia terus berkibar di mancanegara.  Value-nya pun terus menanjak. Bahkan sudah menyikut rival bebuyutan Malaysia Truly Asia dengan skor telak 10-2. Setelah fase branding unggul, tugas lanjutannya adalah advertising dan selling. 

Lalu apa yang terjadi dengan destinasi? Bagaimana SDM? Bagaimana di internal pariwisata sendiri?

Menpar Arief Yahya pun cepat-cepat melakukan konsolidasi ke dalam. Introspeksi internal. Menginspeksi pasukan pariwisata sebelum pertarungan yang sesungguhnya ditabuh. 

“Ibaratnya, jangan sampai, sudah mengundang banyak tamu, tetapi situasi di rumah masih berantakan. Apalagi terjadi pertengkaran sana sini, saling jegal, saling serang, saling serobot. Belum lagi barisan masih belum rapat. Itu akan kontraproduktif. Akhirnya wisman kapok, ogah datang lagi, dan celakanya dia dengan mudah akan menceritakan kepada communitynya bahwa destinasi kita  amburadul. Tidak siap. Lalu dia up load ke media sosial. Kalau itu terjadi, capai-capai promosi kita, tidak ada gunanya,” jelas Mantan Dirut PT Telkom ini.

Inilah salah alasan Marketeer of The Year 2013 versi MarkPlus itu menggelar Rakornas Pariwisata per tiga bulanan. 

Ajang bertemunya seluruh petinggi Kemenpar hingga Eselon 4, industri pariwisata atau communities, PHRI, ASITA, GIPI, para Kadispar Provinsi se-Indonesia, dan media di Hotel Kempinski, Bundaran Thamrin-Sudirman itu. “Kami sedang membangun Corporate Culture, yang dinamai WIN-Way. Singkatan Wonderful Indonesia,” kata dia.

Korporasi raksasa dunia, General Electric (GE) ditangan John Francis Welch Jr melahirkan The GE Way. Tujuh prinsip yang dipegang teguh Jack Welch itu mengubah budaya lama, dan membangun budaya kerja baru. Lalu perusahaan perangkat keras kompeter terbesar di News York, AS, International Business Machines melahirkan IBM Way. 

Maka Menpar Arief Yahya pun meluncurkan corporate culture dengan nama WIN Way. “Singkatan dari Wonderful Indonesia Way!” jelas Arief Yahya, yang juga bisa dimaknai sebagai WIN Way, jurus menang.

BRANDING Wonderful Indonesia terus berkibar di mancanegara.  Value-nya pun terus menanjak. Bahkan sudah menyikut rival bebuyutan Malaysia Truly

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News