Gayus Keluyuran Tanpa Kawalan

Uang Sogok Dibayar Mingguan dan Bulanan

Gayus Keluyuran Tanpa Kawalan
Gayus Keluyuran Tanpa Kawalan
JAKARTA - Uang sogokan yang diberikan Gayus pada polisi, ternyata cukup ampuh membeli aturan perundang-undangan yang mengatur para pesakitan mestinya tetap berada dalam tahanan. Buktinya, tak hanya memiliki akses bebas ke luar sel, ratusan juta rupiah yang diduga disetorkan mantan pegawai Direktorat Jenderal Pajak itu, membuat dirinya bebas berkeliaran di luar Rumah Tahanan (Rutan) Mako Brimob Kelapa Dua, tempatnya ditahan, tanpa kawalan polisi.

"Untuk pertama dan kedua memang dikawal, tapi yang selanjutnya karena dianggap dipercaya (tidak dikawal), dan memang selalu kembali sesuai dengan jadwal ditentukan. Jadi memang ini pengawasan lengah," ujar Berlin Pandiangan, pengacara mantan Kepala Rutan Mako Brimob Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, Kompol Iwan Siswanto, yang sudah ditetapkan sebagai  tersangka penerima suap dari Gayus, di Bareskrim Mabes Polri, Jumat (12/11).

Dijelaskan Berlin, saat Gayus keluar sel dan ditangkap di kediamannya di Kelapa Gading, Jakarta, Gayus tak ditemani petugas jaga yang seharusnya mengawal seorang tahanan yang meninggalkan selnya. Namun, saat ditanya apakah Gayus juga pergi ke Bali tanpa pengawalan, Berlin tak bisa memastikan.

Menurutnya, kliennya itu tak tahu apakah Gayus pergi ke Bali atau tidak. Yang jelas, saat itu Gayus seperti biasa diizinkan pulang selepas menjalani sidang, dengan dalih pengobatan. "(Ke Bali) di luar kendali dia (Iwan). Setelah memberi izin, dia tidak tahu Gayus itu kemana pergi," ujarnya.

JAKARTA - Uang sogokan yang diberikan Gayus pada polisi, ternyata cukup ampuh membeli aturan perundang-undangan yang mengatur para pesakitan mestinya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News