Gbagbo Rancang Perkosaan Massal

Tuduhan Alassane Ouattara, Presiden yang Diakui Dunia

Gbagbo Rancang Perkosaan Massal
Gbagbo Rancang Perkosaan Massal
PARIS - Setelah dua kali gagal membujuk Presiden Laurent Gbagbo mundur, manuver politikpun digunakan untuk mendesak sang incumbent mundur. Presiden pemenang pemilu yang diakui internasional Alassane Ouattara mengungkapkan bahwa rivalnya telah merekrut tentara bayaran dari Liberia untuk melakukan pembunuhan serta perkosaan terhadap para pendukungnya.

"Tangan Gbagbo penuh bergelimang darah," ujar Ouattara yang menuai dukungan dunia kepada radio Europe 1, Prancis, dalam sebuah wawancara di dalam hotel tempat pemerintahan bayangan dikendalikan. "Banyak rakyat Pantai Gading yang dibunuh oleh tentara bayaran dan milisi Gbagbo. Sudah 200 orang tewas dan lebih dari seribu lainnya menjadi korban perkosaan serta luka-luka," paparnya.

"Tentu kami punya bukti (atas dugaan tersebut). PBB serta organisasi HAM internasional juga melihat adanya pembantaian, pembunuhan, dan menunjuk tentara bayaran serta milisi yang direkrut Gbagbo sebagai pelakunya," tambahnya.

Ahli HAM PBB, pekan lalu mengkhawatirkan meluasnya kekerasan pasca pemilu bisa menjadi kejahatan terhadap kemanusiaan. "Sudah menulis surat kepada Sekjen PBB (Ban Ki Moon) untuk meminta Pengadilan Kejahatan Internasional mengirimkan penyidik ke Pantai Gading. Dan saya diberi tahu bahwa mereka akan mengirimkan tim dalam beberapa hari ini," tandas Ouattara.

PARIS - Setelah dua kali gagal membujuk Presiden Laurent Gbagbo mundur, manuver politikpun digunakan untuk mendesak sang incumbent mundur. Presiden

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News