GBS Penyakit Langka, Serang Kekebalan Tubuh

GBS Penyakit Langka, Serang Kekebalan Tubuh
Shafa (4) yang dirawat di RS Carolus, Jakarta. Foto: */afz/JPNN
JAKARTA—Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih mengakui bila Gullain Barré Syndrome (GBS) termasuk salah satu penyakit langka di Indonesia. Pada banyak kasus, pasien katanya bisa sembuh dengan sendirinya. Tapi pada kasus lainnya bisa berakibat fatal seperti yang dialami Azka (4) di RS Azra Bogor dan Shafa (4) di RS Carolus, Jakarta.

‘’Ini memang jarang terjadi. Sulitnya adalah kita sampai saat ini belum memiliki obatnya. Jadi yang bisa dilakukan selama ini hanya merawat saja, menjaga tetap hidup dengan ventilator tapi tidak tahu ujungnya kapan sembuh,’’ kata Endang pada wartawan di Istana Negara, Jumat (29/7) malam usai menyaksikan acara wayangan.

Endang mengatakan, karena termasuk penyakit yang jarang ditemukan maka GBS memang tidak tersosialisasikan di Posyandu. Sosialisasi pentingnya imunisasi untuk mencegah penyakit yang menyerang kekebalan tubuh (imun) ini akan dimaksimalkan lagi. Sementara untuk kasus Azka dan Shafa yang sudah terjadi, Endang janji untuk memperhatikan kasusnya.

‘’Saya sudah kirimkan tim ke Bogor. Untuk yang di Carolus, saya janji akan segera menyelidiki dulu secepatnya. Saya akan lihat dulu kasusnya. Saya siap bantu sosialisasi. Apapun yang bisa kita bantu akan kita bantu,’’ kata Endang.

JAKARTA—Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih mengakui bila Gullain Barré Syndrome (GBS) termasuk salah satu penyakit langka

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News