Gebu Minang Siapkan Kongres Pertama

Gebu Minang Siapkan Kongres Pertama
Gebu Minang Siapkan Kongres Pertama
JAKARTA - Gerakan Ekonomi dan Kebudayaan (Gebu) Minang merencanakan Kongres Kebudayaan Minangkabau I yang akan berlangsung tanggal 7 dan 8 Agustus mendatang di Kota Bukittingi, Sumatera Barat. Dalam kongres itu akan membahas beberapa masalah mendasar bagi masyarakat Minang.

Salah satunya adalah filosofi Adat Bersandi Syarak dan Syarak Bersandi Kitabullah dalam perspektif jatidiri dan identitas kultural Minangkabau. Ketua Steering Committe kongres, Saafroedin Bahar, menyatakan, selain itu kongres juga akan membahas penyegaran, penyatuan, pengukuhan dan pengembangan fungsi-fungsi Nagari sebagai kesatuan pemerintahan, keamanan, ekonomi dan sosial budaya.

Berbicara dalam sebuah diskusi yang diselenggarakan Focus Group Discussion di balairung Sapta Pesona, kantor Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata, jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Sabtu (6/3),  Saafroedin mengatakan, kongres akan masuk dalam perspektif Minangkabau sebagai suatu suku bangsa baik di ranah maupun di rantau.

"Perihal corak dan kehidupan Adat Salingka Nagari biarlah jadi urusan dan tanggungjawab Nagari masing-masing. Kongres akan lebih fokus pada masalah-masalah mendasar seperti membangun sinergisitas dari berbagai institusi yang kita rasakan belum optimal dan berjalan secara sendiri-sendiri," ujarnya.

JAKARTA - Gerakan Ekonomi dan Kebudayaan (Gebu) Minang merencanakan Kongres Kebudayaan Minangkabau I yang akan berlangsung tanggal 7 dan 8 Agustus

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News