GEF Hibahkan USD 250 Juta

Untuk Lestarikan Terumbu Karang

GEF Hibahkan USD 250 Juta
GEF Hibahkan USD 250 Juta
JAKARTA—Amerika Serikat, Australia dan Global Environment Fund (GEF) memberikan hibah sebesar USD 250 juta untuk pelestarian terumbu karang di kawasan coral triangle initiative (segitiga terumbu karang). Indonesia sendiri berharap mendapatkan proporsi terbesar dari bantuan negara maju tersebut.

“Kami berhadap bisa mendapat proporsi besar, apalahi hibah tersebut untuk enam negara yang berada di kawasan coral triangle,” kata Menteri Kelautan dan Perikanan Freddy usai mengikuti rapat koordinasi pelaksanaan WOC dan CTI.

Lanjutnya, sampai saat ini dana hibah tersebut sudah terserap sebesar USD 40 juta untuk berbagai kegiatan yang terkait pelestarian terumbu karang dalam program CTI. Sedangkan penggunaan sisa hibah akan dibicarakan pada CTI Summit yang dihadiri menteri-menteri dari enam negara yang akan dilaksanakan di Manado pada 15 Mei mendatang.

Sementara itu sumber resmi yang enggan dikorankan namanya menyebutkan, Indonesia menargetkan lebih dari 50 persen hibah masuk ke negara kepulauan tersebut. Hibah tersebut nantinya sebagai modal bagi rencana aksi nasional (RAN) penyelamatan terumbu karang di kawasan Nusantara. Enam negara yang termasuk dalam CTI adalah Indonesia, Malaysia, Filipina, Timor Leste dan Kepulauan Solomon.

JAKARTA—Amerika Serikat, Australia dan Global Environment Fund (GEF) memberikan hibah sebesar USD 250 juta untuk pelestarian terumbu karang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News