Gegara Buruknya Komunikasi BP Batam, Rakyat dan Polisi Jadi Korban, Sungguh Terlalu

Gegara Buruknya Komunikasi BP Batam, Rakyat dan Polisi Jadi Korban, Sungguh Terlalu
Mantan anggota Kompolnas Edi Hasibuan. Foto: JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Lembaga Kajian Strategis Kepolisian (Lemkapi) setuju dengan pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menyebut penyebab bentrokan dalam relokasi di Pulau Rempang, Batam, disebabkan karena komunikasi yang kurang baik antara BP Batam dengan masyarakat.

"Kami sesali pendekatan BP Batam yang kurang maksimal," kata Direktur Eksekutif Lemkapi Edi Hasibuan dalam keterangannya, Rabu (13/9).

Buruknya komunikasi BP Batam itu mengakibatkan kerugian yang sangat besar.

"Sebagai dampak bentrokan ini, aparat keamanan dan masyarakatlah yang jadi korban," kata dia.

Edi menyampaikan setiap kali pembebasan lahan di berbagai tempat, kerap kali yang jadi korban adalah polisi dan masyarakat. Polisi selalu dibenturkan dengan masyarakat.

Pada satu pihak polisi sebagai penjaga keamanan, melindungi keselamatan jiwa, dan harta benda masyarakat. Namun di sisi lainnya, polisi juga sebagai penanggung jawab pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat (Harkamtibmas).

"Bagi kami ini sebuah dilema dalam menjalankan tugas kepolisian sebagai pelayan, pengayom, dan pelindung masyarakat," kata Edi.

Oleh karena itu, Edi menilai polisi sudah bekerja keras menjalankan tugasnya dengan maksimal. Polisi juga harus ikut jadi korban bersama masyarakat.

Menurut Direktur Eksekutif Lemkapi Edi Hasibuan, buruknya komunikasi BP Batam itu mengakibatkan kerugian yang sangat besar.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News