Gegara Listrik Padam, Pertandingan Basket PON Papua Tertunda Dua Jam

Gegara Listrik Padam, Pertandingan Basket PON Papua Tertunda Dua Jam
Pebasket putra DKI Jakarta, Darryl Sebastian (8) melakukan shooting pada laga penyisihan cabang olahraga basket 5 x 5 melawan tim basket putra Banten PON XX PAPUA di Gor Basket Mimika Sport Centre, Kabupaten Mimika, Jum’at (1/10/2021). (Foto : PB PON XX PAPUA/Rocky Padilla)

jpnn.com, JAYAPURA - Pertandingan cabor bola basket PON XX/2021 Papua di Mimika Sport Complex (MSC) mengalami penundaan selama dua jam akibat listrik padam.

Technical delegate bola basket PON XX Papua Abdul Rozak menyebut insiden ini terjadi karena miniature circuit breaker (MCB) terbakar.

"Sebenarnya Freeport (pemilik MSC, red) memiliki komponen cadangannya, tetapi karena ini hari Minggu, tempat untuk mendapatkan cadangan tersebut tutup. Namun, berkat usaha keras mereka semuanya bisa diatasi," tuturnya.

Abdul Rozak menambahkan pihaknya telah berkoordinasi dengan semua pelatih dan manajer tim basket yang berlaga pada Minggu (03/10).

Awalnya, dia mengatakan jika sampai dua jam listrik belum menyala, ada opsi untuk menjadwal ulang laga perdana hari ini, yaitu tim putri Papua melawan Sulawesi Selatan yang seharusnya dimulai pukul 13.00 WIT.

Namun, ternyata listrik sudah menyala sepenuhnya pukul 14:30 WIT, kemudian tim Papua serta Sulsel juga sudah memasuki lapangan untuk pemanasan selama 15 menit.

Abdul Rozak memastikan kejadian seperti ini tidak akan terulang lagi di kemudian hari.

"Saya juga minta tolong pihak Freeport dan PLN membicarakan hal ini," tutur pria yang juga Kepala Bidang Pertandingan Pengurus Pusat Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi).

Insiden listrik padam sempat menunda laga basket PON Papua 2021 pada Minggu (03/10).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News