Gelontorkan Rp 250 M Rampungkan Stadion Bekasi

Gelontorkan Rp 250 M Rampungkan Stadion Bekasi
Gelontorkan Rp 250 M Rampungkan Stadion Bekasi

jpnn.com - BEKASI – Pemerintah Kota Bekasi (Pemkot) bakal mengucurkan dana lagi untuk merampungkan pembangunan Stadion Bekasi yang terletak di Jalan Ahmad Yani, Kota Bekasi. Tak tanggung-tanggung pemda akan menggelontorkan dana sebesar Rp 250 miliar khusus untuk pembangunan tribun selatan dan tribun utara.

Kepala Bidang Perencanaan Disbangkar Kota Bekasi, Hikmatullah mengatakan, kondisi bangunan tribun utara dan selatan di stadion Bekasi sempat terbengkalai. Selain itu, pembangunan lahan parkir sampai sekarang belum rampung dikerjakan. ”Karena belum selesai stadion dilarang untuk dioperasikan,” kata Hikmatullah, kemarin.

Menurut Hikmatullah, bahwa untuk pembangunan gedung parkir diperkirakan menghabiskan dana sekitar Rp 50 miliar. Sementara untuk pembangunan dua tribun, diperkirakan akan mengeluarkan kocek sebesar Rp 200 miliar. “Dana tersebut baru terserap 10 persen untuk perencanaan pembangunan parkir 4 lantai dan pengawasan manajemen kostruksi,” katanya.

Hikmatullah mengaku, sisa dana yang belum terserap, masih menunggu kebijakan dewan. Pasalnya, harus ada kesepakatan antara dewan dengan Wali Kota terkait pencairan sisa dana yang belum terserap. ”Karena dewan adalah pemegang kebijakan soal anggaran,” jelasnya. 

Bahkan, kata Hikmatullah, pembangunan stadion Bekasi kali ini sudah memasuki tahap multi yers ke dua dimulai tahun 2014 hingga 2016. Selain itu, pihak Komisi B bisa melakukan kordinasi dengan Disbangkar untuk tahapan pembangunan lanjutan.

Menurutnya, atas kondisi stadion seperti ini makanya belum bisa dioperasikan. Stadion baru dapat dioperasikan jika pembangunannya rampung 100 persen. ”Jika lahan Parkir dengan 4 lantai selesai akan dapat menampung 500 kendaraan roda empat,” ucapnya. 

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Bekasi, Tumai mengaku, sudah menugaskan komisi B untuk mengawal pembangunan stadion. Menurutnya, stadion merupakan aset Kota Bekasi yang dibangun dengan memakan biaya besar. ”Kami sudah intruksikan komisi B untuk mengawal pelaksanaan pembangunan stadion sampai selesai,” ujarnya.

Bahkan, dia berharap, saat ini stadion harus dirawat lantaran kondisi lapangan sepak bola sudah ditanam rumput-rumput. Selain itu, keberadaan kursi penonton sudah banyak terisi di tribun Barat dan Timur. ”Jangan sampai karena lama pengoperasian, seluruh komponen stadion menjadi rusak,” tandasnya. (dny)


BEKASI – Pemerintah Kota Bekasi (Pemkot) bakal mengucurkan dana lagi untuk merampungkan pembangunan Stadion Bekasi yang terletak di Jalan Ahmad


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News