Ribuan CCTV Bakal Disebar di Jakarta

Ribuan CCTV Bakal Disebar di Jakarta
Ribuan CCTV Bakal Disebar di Jakarta

jpnn.com - GUNA mengantisipasi masalah kemacetan lalu lintas dan kejahatan di Jakarta, Pemprov DKI Jakarta berencana memasang kamera pengintai atau closed circuit television (CCTV) di semua ruas jalan Jakarta pada tahun 2016. 

Kamera pengintai ini akan membantu kinerja personel kepolisian dalam mengantisipasi kemacetan dan kejahatan di jalan raya. "Diharapkan tahun 2016 bisa selesai total (CCTV) dipasang di Jakarta," ujar Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), kemarin (10/10).

Pemprov DKI sudah mulai mencicil pemasangan kamera pengintai di ruas jalan. Kamera itu dipasang di tiang lampu lalu lintas. Targetnya, kamera pengintai mulai dipasang di jalur utama. Namun Polda Metro Jaya meminta Pemprov DKI memasang kamera pengintai di semua ruas jalan Ibu Kota. "Nanti (CCTV) bisa dipasang di truk sampah. Jadi kami bisa tahu ke mana saja mobil itu," kata Ahok.

Ahok mengaku, tengah mencari operator atau provider yang mampu menyediakan spesifikasi CCTV berteknologi 4G. Provider diminta untuk memasang lampu taman sekaligus untuk meletakkan CCTV yang dilengkapi dengan jaringan 4G dan WiFi.

Dia mengungkapkan, jumlah CCTV diperkirakan mencapai 3.000 unit dan disebar di semua ruas jalan ibukota. CCTV yang akan dipasang itu berbentuk tabung kaleng susu 400 gram. Kameranya terus berputar mengikuti pergerakan manusia yang berada di ruangan itu. Memiliki kemampuan untuk zoom hingga partikel terkecil, merekam pelat nomor, dan mengidentifikasi pelaku kejahatan.

Untuk tahap awal, CCTV baru itu telah terpasang di Balairung Balaikota, ruang tamu depan ruang kerja Basuki di lantai 2, ruang tamu gubernur, dan Balai Agung, Balaikota DKI Jakarta. "Nanti kami bisa mendeteksi, jika tertangkap ada (penjahat), kami cocokkan dengan identitasnya (KTP). Saya bisa tahu kamu itu terdaftar atau tidak, bisa identifikasi sampai seperti itu. Ini membantu polisi juga untuk merekam pelat nomor kendaraan yang melanggar lalu lintas," terangnya.

Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta, Saefulah, mengatakan pemasangan CCTV ini merupakan sesuatu yang mendesak. Hal tersebut untuk mengatasi persoalan kemacetan dan kejahatan di Jakarta. "Diharapkan pemasangan bisa tepat waktu, sesuai yang diharapkan," terangnya.

Menanggapi hal itu, Anggota DPRD DKI Jakarta Jhony Simanjuntak menilai, rencana penambahan CCTV cukup positif. Karena itu, banyak politisi Kebon Sirih yang mendukung rencana itu. "Selama itu untuk kepentingan masyarakat, kami sangat mendukung," pungkas politisi PDI Perjuangan itu. (wok)


GUNA mengantisipasi masalah kemacetan lalu lintas dan kejahatan di Jakarta, Pemprov DKI Jakarta berencana memasang kamera pengintai atau closed circuit


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News