Gempa Dahsyat Picu Tsunami di Pasifik

Gempa Dahsyat Picu Tsunami di Pasifik
Gempa Dahsyat Picu Tsunami di Pasifik
HONIARA--Gempa berkekuatan 8 skala Richter (SR) mengguncang Kepulauan Solomon di Samudera Pasifik Rabu (6/2). Beberapa jam kemudian, gempa itu memicu tsunami atau gelombang pasang yang menghantam wilayah pantai Pasifik. Sedikitnya, enam orang tewas dan puluhan rumah dilaporkan hancur atau rusak parah.

Gempa dahsyat tersebut terjadi sekitar pukul 12.12 waktu setempat (pukul 08.12 WIB). Pusat gempa berada di dekat Pulau Santa Cruz, Kepulauan Solomon. Tsunami setinggi semeter menerjang sebagian wilayah Kepulauan Solomon, Vanuatu, dan Kaledonia Baru. Gelombang pasang laut 91 sentimeter menyapu Kota Lata, timur Santa Cruz, hingga mengakibatkan kawasan bandara terendam.

Sirene atau peringatan bahaya tsunami juga terdengar di Fiji dan beberapa negara lain di kawasan Pasifik. "Terjadi kekacauan di jalanan Suva. Semua orang berupaya untuk menghindari bahaya tsunami," tulis Ratu Nemani Tebana, warga Kota Suva, ibu kota Kepulauan Fiji, lewat Twitter.

Jepang, yang dihantam tsunami besar pada Maret 2011 dan menewaskan lebih dari 19 ribu orang, juga waspada. Tetapi, badan cuaca nasional negara itu kemudian merilis bahwa hanya tsunami kecil yang menerjang. Beberapa saat kemudian, gelombang laut tak sampai 0,5 meter terdeteksi di pantai tenggara Jepang.

HONIARA--Gempa berkekuatan 8 skala Richter (SR) mengguncang Kepulauan Solomon di Samudera Pasifik Rabu (6/2). Beberapa jam kemudian, gempa itu memicu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News