Gempa Kuat di Jepang dan Andaman

Gempa Kuat di Jepang dan Andaman
GEMPA - Pusat gempa berkekuatan 7.6 SR, Selasa (11/8) pagi, di Kepulauan Andaman, yang sempat memicu peringatan tsunami untuk India, Indonesia dan negara terdekat lainnya.
TOKYO - Sebuah gempa cukup kuat dilaporkan baru saja terjadi, tepat setelah fajar (waktu setempat, Red), Selasa (11/8), di daerah Tokyo, Jepang, dan kawasan sekitarnya. Sebagaimana diberitakan AP, gempa berkekuatan awal 6,6 skala richter (SR) itu, sempat menyebabkan berhentinya pengoperasian sejumlah kereta cepat dan dua reaktor nuklir di Jepang yang harus menjalani pemeriksaan lebih lanjut.

Sementara itu, badan Survei Geologi AS pun melaporkan, gempa lain yang tak berhubungan langsung dengan yang terjadi di Jepang, juga menguncang kawasan Asia. Gempa berkekuatan 7,6 SR ini terjadi di Samudera Hindia, tepatnya di lokasi sekitar 257 km sebelah utara Port Blair, di Kepulauan Andaman, India. Sebuah peringatan tsunami sempat diberikan khususnya untuk kawasan India, Myanmar, Indonesia, Thailand dan Bangladesh, namun kemudian dicabut setelah tak terbukti ada kejadian tsunami.

Gempa di daerah Kepulauan Andaman tersebut, menurut lembaga Survei Geologi AS, dilaporkan terjadi pada kedalaman 33,15 km. Gempa ini cukup mengkhwatirkan, karena seperti diketahui, sebuah gempa berkekuatan 9.0 SR di kawasan berdekatan pada Desember 2004 lalu, telah memicu salah satu bencana tsunami terbesar dalam sejarah dunia yang memakan tak kurang dari 230 ribu korban jiwa.

Akan halnya gempa yang baru saja terjadi di Jepang, diberitakan bahwa sejauh ini tidak ada laporan kerusakan serius maupun korban. Hanya ada beberapa berita, di antaranya seorang anak terluka tertimpa TV yang jatuh di rumahnya, serta beberapa orang yang tertimpa benda lain maupun terjatuh ketika gempa.

TOKYO - Sebuah gempa cukup kuat dilaporkan baru saja terjadi, tepat setelah fajar (waktu setempat, Red), Selasa (11/8), di daerah Tokyo, Jepang,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News