Gencarkan Promo Pulau Komodo

Kejar '7 Wonders', Targetkan 7 Juta Wisatawan

Gencarkan Promo Pulau Komodo
Kawasan Taman Nasional di Pulau Komodo. Foto: Internet.
JAKARTA - Pemerintah bertekad agar Pulau Komodo, wakil Indonesia dalam polling tujuh keajaiban dunia, masuk ke peringkat lima besar. Departemen Kebudayaan dan Pariwisata (Depbudpar) sudah membentuk tim khusus untuk mengajak masyarakat mendukung Taman Nasional (TN) Komodo menjadi salah satu dari tujuh keajaiban dunia melalui website 7wonders.com.

"Ada tim khusus promosi komodo kepada masyarakat. Mereka akan terus bekerja sampai 2011. Saat ini, Taman Komodo sudah masuk final. Karena itu, untuk memastikan ranking perlu dukungan lebih besar lagi, terutama dari pengguna internet dan dunia maya," kata Dirjen Pemasaran Pariwisata Depbudpar Sapta Nirwandar di Jakarta kemarin (29/12).

Dengan membuka website tersebut, masyarakat diharapkan lebih mengenal apa itu komodo dan di mana Pulau Komodo berada. Sebab, komodo adalah satu-satunya binatang purba yang masih tersisa di muka bumi. Uniknya, hewan itu justru terdapat di wilayah Indonesia. Karena itu, Taman Komodo yang berada di Nusa Tenggara Timur (NTT) harus dilindungi. "Ini merupakan kebanggaan dan keunikan yang mendorong turis asing ingin mendatangi Indonesia," tegas dia.

Menurut Sapta Nirwandar, berwisata ke Pulau Komodo sangat menarik. Selain melihat langsung satwa komodo, kondisi pantainya juga cukup indah, baik untuk selancar maupun wisata pantai. "Daerah itu sangat baik bagi turis yang suka tantangan dan petualanga. Karena itu tak berlebihan jika masuk dalam daftar keajaiban dunia," tegas dia. Selain gencar berpromosi komodo, Sapta menargetkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) naik 10 persen pada 2010 menjadi tujuh juta turis.

JAKARTA - Pemerintah bertekad agar Pulau Komodo, wakil Indonesia dalam polling tujuh keajaiban dunia, masuk ke peringkat lima besar. Departemen Kebudayaan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News