Gengsi Singkong Naik, Ketahanan Pangan Menguat

Gengsi Singkong Naik, Ketahanan Pangan Menguat
Gengsi Singkong Naik, Ketahanan Pangan Menguat
JAKARTA - Kementrian Pertanian terus berupaya menurunkan tingkat konsumsi masyarakat terhadap beras. Langkah ini dilakukan untuk meningkatkan ketahanan pangan. Masyarakat diminta mengkonsumsi singkong sebagai alternatif konsumsi tambahan.

Direktur Pengolahan Hasil Pertanian, Ditjen P2HP Kementan, Ir Nazaruddin MM mengatakan diversifikasi pangan dengan meningkatkan gengsi singkong sebagai produk pangan alternatif dinilai mempunyai peranan utama sebagai bahan pangan dan sebagai bahan industri.

"Untuk mengurangi tingkat konsumsi beras, kita harus mengalihkan ke produk pangan lainnya seperti singkong untuk dijadikan produk pangan. Salah satunya dengan menaikan gengsi singkong itu sendiri untuk meningkatkan konsumsi singkong oleh masyarakat," kata, Nazaruddin, di Jakarta, Selasa (17/4).

Menurut Nazaruddin sebagai bahan pangan, ubi kayu atau singkong merupakan sumber karbohidrat terpenting ketiga setelah beras dan jagung, sehingga dapat dijadikan sebagai pangan pokok atau cadangan (buffer stock) pangan.

JAKARTA - Kementrian Pertanian terus berupaya menurunkan tingkat konsumsi masyarakat terhadap beras. Langkah ini dilakukan untuk meningkatkan ketahanan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News