Genjot Elektrifikasi Demi Mengangkat Harkat Seluruh Penduduk Bangsa

Genjot Elektrifikasi Demi Mengangkat Harkat Seluruh Penduduk Bangsa
Program elektrifikasi di NTT. Ilustrasi Foto: Istimewa for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - PT PLN (Persero) terus berusaha menggenjot ketersediaan listrik alias elektrifikasi hingga ke pedesaan.

Penuntasan program elektrifikasi di seluruh pelosok Indonesia sangat krusial untuk mengangkat harkat seluruh penduduk bangsa.

Kendati program elektrifikasi yang dicanangkan pemerintah sudah mencapai angka 98,3%, kenyataannya – seperti data yang diriilis Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Rida Mulyana - masih ada 1,8 juta Rumah Tangga (RT) yang belum teraliri listrik di seluruh Indonesia.

Yang mengejutkan, data itu memperlihatkan jumlah wilayah terbanyak yang belum mendapat aliran listrik justru ada Provinsi Jawa Timur. Ada 238.687 rumah tangga yang disebut di sana.

Angka itu jauh lebih banyak dibandingkan Papua (7.670 rumah tangga) dan Papua Barat (3.135 rumah tangga). Data ini dikutip dari dunia-energi.com, artikel Minggu, 10 Maret.

Menurut I Made Suprateka, Kepala Satuan Komunikasi Korporat PLN, data itu masuk akal karena kenyataan yang ditemukan di lapangan memperlihatkan, masuknya jaringan listik ke suatu desa tidak otomatis menjadikan seluruh warganya langsung bisa menikmati listrik.

BACA JUGA: Hasil Survei: Masyarakat Indonesia Kian Sejahtera

Selalu ada anomali, terutama terkait masalah daya beli konsumen listrik yang tidak merata, dan masih banyak rumah tangga yang sudah berdiri sendiri namun listriknya masih levering (nyantol) dari rumah tangga induk.

PT PLN (Persero) terus berusaha menggenjot ketersediaan listrik alias elektrifikasi hingga ke pedesaan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News