Genjot Konsolidasi Jelang Kongres di Bali, PDIP Gelar Rakernas Tertutup

Genjot Konsolidasi Jelang Kongres di Bali, PDIP Gelar Rakernas Tertutup
Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - DPP PDI Perjuangan berencana menggelar kongres pada Agustus mendatang. Sebelum menggelar kongres, partai pimpinan Megawati Soekarnoputri itu melaksanakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) IV PDIP di Jakarta, Rabu (19/6).

“Rakernas IV partai secara khusus untuk mempersiapkan konsolidasi dalam rangka pelaksanaan kongres kelima yang akan dilaksanakan pada tanggal 8 Agustus 2019 di Bali,” ujar Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto melalui layanan pesan singkat.

BACA JUGA: PDIP Majukan Kongres, Mau Percepat Kemunculan Pengganti Megawati?

Merujuk pada undangan rakernas yang ditujukan kepada seluruh Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP, ada sejumlah agenda dalam forum itu. Antara lain laporan kinerja DPD dan DPC PDIP, serta konsolidasi jelang kongres.

Undangan bertanggal 31 Mei 2019 itu ditandatangani Hasto dan Kepala Pusat Analisa dan Pengendali Situasi PDIP Prananda Prabowo. Hanya saja, rakernas itu tertutup untuk liputan media.

Hasto menjelaskan, PDIP memerlukan ruang kontemplasi demi memunculkan gagasan jernih. “Mohon maaf kepada teman-teman pers, mengingat agendanya lebih banyak membahas internal partai, maka Rakernas IV PDIP bersifat tertutup,” tuturnya.

Politikus asal Yogyakarta itu menambahkan, bukan kali ini saja PDIP menggelar rakernas yang tertutup. Sebab, Rakernas III PDIP di Bali yang agendanya mencalonkan Joko Widodo (Jokowi) sebagai calon presiden pada Pemilu 2019 juga berlangsung tertutup.

“PDI Perjuangan menyadari bahwa keheningan dalam politik penting untuk kontemplasi. Terlebih ketika PDI Perjuangan memerlukan suasana khusus, memerlukan kejernihan alam pikir guna merumuskan agenda strategis internal partai ke depan,” ujarnya.

DPP PDI Perjuangan menggelar rapat kerja nasional (rakernas) di Jakarta, Rabu (19/6) untuk mempersiapkan kongres yang akan digelar di Bali pada Agustus mendatang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News