Gerakan BerkAH, Sukarelawan Airlangga Hartarto Fasilitasi Dialog Publik di Kota-Kota

Gerakan BerkAH, Sukarelawan Airlangga Hartarto Fasilitasi Dialog Publik di Kota-Kota
Sejumlah elemen masyarakat dan anak muda meluncurkan Gerakan BerkAH atau Gerakan Berkreasi Bersama Airlangga Hartarto di sejumlah kota. Foto: dok pribadi for JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Sejumlah elemen masyarakat dan anak muda meluncurkan Gerakan BerkAH atau Gerakan Berkreasi Bersama Airlangga Hartarto di sejumlah kota. Diawali di Kota Semarang, Jawa Tengah, Senin (18/10).

Dikatakan, gerakan ini hadir untuk wadah kolaborasi dan sosialisasi berbagai kebijakan kebangsaan serta sosial ekonomi kepada masyarakat.

Hal tersebut disampaikan oleh Juru Bicara Gerakan BerkAH Rega Aditya.

Ia menyebut gerakan ini merangkul dan mengundang berbagai elemen masyarakat, mulai dari akademisi, komunitas anak muda, pengusaha, santri, seniman, hingga PKL untuk menggelar dialog publik.

Tujuannya adalah untuk mendapatkan masukan-masukan dari masyarakat sipil terkait isu aktual penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi.

"Kami ingin menyapa, mendengar aspirasi dan bergerak bersama seluruh unsur rakyat di berbagai daerah yang punya fokus kebangsaan, ekonomi kreatif dan kesejahteraan sosial, untuk itu kami menggelar Dialog Publik," ujar anak muda lulusan Universitas Nasional Jakarta ini.

Lebih lanjut, Rega menegaskan, Gerakan BerkAH bukan sebuah gerakan partisan atau terkait dengan partai politik tertentu. Menurutnya, gerakan ini adalah lintas partai, lintas ormas, lintas profesi, dan lintas generasi tua muda. Ketika ditanya apakah gerakan ini ada kaitannya dengan isu pencapresan Airlangga Hartarto dalam pemilu 2024. Rega menjawab secara diplomatis.

“Menurut kami, kiprah dan peran Pak Airlangga yang diberikan amanah Presiden Jokowi memimpin koordinasi perekonomian, serta penanganan Covid 19 dan pemulihan ekonomi, merupakan hal yang paling utama. Kita lihat fokus Pak AHa kan adalah kinerja. Usaha pemerintah harus didukung oleh masyarakat sipil, situsi pandemi kita harus bisa kolaborasi, agar memastikan program pemerintah berjalan baik sampai ke masyarakat. Suara-suara masyarakat juga bisa didengar oleh para pembuat keputusan. Inilah bentuk partisipasi kreatif masyarakat sipil khususnya anak-anak muda di daerah dalam membangun sinergi. Bahwa hal ini ada implikasinya kepada Pak Airlangga Capres di 2024, ya kami pikir sah-sah saja, ini negara demokrasi, rakyat berhak berekspresi dan memilih pemimpin yang terbaik menurut mereka," jelas Rega.

Sejumlah elemen masyarakat dan anak muda meluncurkan Gerakan BerkAH atau Gerakan Berkreasi Bersama Airlangga Hartarto di sejumlah kota

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News