Gerindra Angkat Tangan, Denny Indrayana Diminta Cari Sendiri Rekan Koalisi

Gerindra Angkat Tangan, Denny Indrayana Diminta Cari Sendiri Rekan Koalisi
Denny Indrayana saat mengikuti sidang perdana sengketa Pilpres 2019 di Gedung MK, Jakarta, Jumat (14/6). Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Gerindra menyerahkan kepada Denny Indrayana dan Defriadi untuk mencari rekan koalisi agar bisa bertarung dalam kontestasi Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Selatan (Pilgub) 2020.

"Kekurangannya tiga kursi kami serahkan sepenuhnya kepada cagub dan cawagub profesor Denny Indrayana dan saudara Difriadi," kata Sekjen Gerindra Ahmad Muzani ditemui awak media di kantor DPP Gerindra, Jakarta Selatan, Senin (3/8).

Diketahui Gerindra resmi mengusung Denny-Defriadi untuk Pilgub Kalsel 2020. Namun, Denny-Defriadi tidak bisa maju Pilgub Kalsel hanya dengan dukungan Gerindra.

Pasalnya, Gerindra hanya memiliki delapan kursi di DPRD Kalsel. Sementara itu kandidat yang ingin bertarung di Pilgub Kalsel perlu mengantungi 20 persen dukungan partai yang bercokol di DPRD Kalsel.

Sebagai catatan, total terdapat 55 kursi di DPRD Kalsel. Jika dikalkulasi, kandidat yang ingin maju bertarung di Pilgub Kalsel perlu mendapatkan dukungan dari sebelas lagislator DPRD Kalsel.

Menurut Muzani, Denny-Defriadi menjamin akan memperoleh dukungan dari partai lain sehingga memenuhi prasyarat 20 persen maju di Pilgub Kalsel.

"Dari pembicaraan beliau kepada kami tiga kursi, tidak ada masalah. Artinya hari ini pun sudah bisa diputuskan beliau akan mendapatkan tiga kursi tetapi dengan partai mana tentu bukan wilayah kami untuk menjelaskan," beber Muzani.

Di sisi lain, Denny menyebut Demokrat bakal mendukung dirinya di Pilgub Kalsel 2020. Dukungan dari Demokrat bakal cukup membuat Denny-Defriadi berkontestasi, karena partai tersebut memiliki tiga kursi di DPRD Kalsel.

Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Gerindra menyerahkan kepada Denny Indrayana dan Defriadi untuk mencari rekan koalisi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News