Ghana Menyusul ke Delapan Besar

Ghana Menyusul ke Delapan Besar
LOLOS - Pemain Ghana, Andre Ayew (kiri), saat merayakan gol yang dicetaknya. Foto: Getty Images.
LUANDA - Tim nasional Ghana akhirnya memastikan menyusul tampil di babak perempat final, setelah dalam pertandingan terakhirnya di grup B ajang Piala Afrika 2010, Selasa (19/1) waktu setempat, menumbangkan Burkina Faso dengan skor tipis 1-0. Gol tunggal tim yang juga bakal bertarung di Piala Dunia 2010 itu, dicetak lewat tandukan Andre Ayew pada menit ke-30.

Seperti diberitakan AFP, Rabu (20/1) pagi, berkat kemenangan itu, Ghana pun akhirnya menyusul tim dari grup B yang sudah memastikan maju sebelumnya, yakni Pantai Gading. Sebagaimana diketahui, grup ini sendiri menyisakan tiga kontestan saja, pasca pengunduran diri Togo akibat peristiwa penembakan. Hasil akhir dari grup ini adalah Pantai Gading di peringkat teratas dengan nilai 4, disusul Ghana dengan nilai 3, serta Burkina Faso yang hanya punya nilai 1.

Dalam pertandingan itu, Burkina Faso yang sebenarnya hanya butuh hasil imbang, harus menipis harapannya untuk mengejar ketinggalan skor pada menit ke-65, saat salah satu pemainnya diganjar kartu merah. Hamadou Tall harus meninggalkan lapangan setelah menyikut pemain Ghana, Asamoah Gyan. Ghana sendiri, tim yang memegang empat gelar Piala Afrika, di pertandingan itu tak diperkuat enam pemain intinya, termasuk midfielder Chelsea, Michael Essien.

Namun sementara itu, calon lawan Ghana di perempat final nanti tampaknya tidak ringan, yakni tuan rumah Angola. Pertandingan itu akan berlangsung Minggu (24/1) depan di Luanda. Sedangkan Pantai Gading bakal tetap bertahan di Cabinda (lokasi penyisihan grup B, Red), demi menghadapi Aljazair. Kedua tim ini juga sama-sama lolos ke Piala Dunia 2010 di Afsel mendatang. (ito/jpnn)
Berita Selanjutnya:
Tevez Siap Tuntaskan Dendam

LUANDA - Tim nasional Ghana akhirnya memastikan menyusul tampil di babak perempat final, setelah dalam pertandingan terakhirnya di grup B ajang Piala


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News