Ghiggia: Uruguay Kuat di Saat Sulit

Ghiggia: Uruguay Kuat di Saat Sulit
LEGENDA - Alcides Ghiggia dan trofi penghargaan yang baru saja diberikan FIFA kepadanya. Inzet: Ghiggia dengan kostum Uruguay di masa mudanya. Foto: FIFA.com/internet.
JOHANNESBURG - Generasi pecinta sepakbola sekarang mungkin banyak yang tak kenal sosok satu ini, serta hanya akan mengira ia adalah seorang "opa-opa" biasa. Namun, Alcides Ghiggia adalah salah satu keping sejarah (sepakbola) asal Uruguay yang masih hidup. Saat ini berusia 83 tahun, ia akan senantiasa dikenang sebagai sosok pencetak gol yang menumbangkan favorit juara sekaligus tuan rumah, Brazil, di laga final Piala Dunia (PD) 1950. Sebuah pertandingan yang dicatat sebagai El Maracanazo (berdasarkan venue pertandingan di Stadion Maracana, Red).

Enam puluh tahun berlalu setelah golnya yang menentukan nasib dua negara besar sepakbola itu. Kini, ia yang sengaja menyeberangi Lautan Atlantik ke Afrika Selatan (Afsel), demi menerima anugerah FIFA Order of Merit itu, sempat diajak bercerita sejenak oleh FIFA. Didahului dengan foto bersama para anggota tim Uruguay yang (saat itu) baru saja lolos ke babak 16 besar, ia pun berbagi komentar dan pandangannya, sebagaimana dimuat situs FIFA.com beberapa hari lalu:

Sr Ghiggia, terlebih dulu, selamat untuk penghargaan Anda. Bagaimana perasaan Anda menerimanya?

Ini sangat berarti bagi saya. Benar-benar sangat, dan saya sama sekali tak menyangka (bakal menerimanya). Saya rasa belum banyak orang yang sudah menerima Order of Merit ini, dan (makanya) itu mengejutkan saya. Menerima medali dan trofi di usia seperti saya ini, terasa sangat luar biasa, dan susah dijelaskan dengan kata-kata. Ini merupakan wujud terbaik dari pengakuan yang bisa saya peroleh, dan saya merasa komplit sekarang. Rasanya seolah saya sudah mendapatkan semua.

Apakah Anda sudah sempat menyaksikan pertandingan sepakbola selama kunjungan di sini (Afsel)?

JOHANNESBURG - Generasi pecinta sepakbola sekarang mungkin banyak yang tak kenal sosok satu ini, serta hanya akan mengira ia adalah seorang "opa-opa"

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News