Gitar Listrik Bob Dylan Laku Rp 11 Milyar

Gitar Listrik Bob Dylan Laku Rp 11 Milyar
Dylan dalam penampilan legendarisnya di Newport Music Festival pada tahun 1965. Foto: Alice Ochs/Getty Images

jpnn.com - NEW YORK - Gitar listrik milik musisi ternama, Bob Dylan terjual dengan harga USD 965 ribu atau sekitar Rp 11 miliar dalam sebuah lelang di New York Amerika Serikat, Jumat (6/12). Nilai tersebut memecahkan rekor penjualan termahal untuk gitar dalam sebuah lelang.

Sebelumnya, rekor dipegang oleh gitar Fender milik maestro blues, Eric Clapton yang terjual dengan harga USD 959 ribu pada tahun 2004.

Rumah lelang Christie awalnya memperkirakan gitar Fender Stratocaster tersebut hanya akan laku dengan harga sekitar USD 300 ribu. Namun seperti dilansir dari laman The Guardian, Sabtu (7/12), tidak diketahui pasti identitas pembeli yang akhirnya berani membayar tiga kali lipat dari harga estimasi.

Gitar berwarna coklat itu memang memiliki nilai sejarah yang sangat tinggi. Pasalnya, gitar itulah yang digunakan Dylan dalam penampilan legendarisnya di Newport Music Festival pada tahun 1965.

Di Festival Newport, Dylan untuk pertama kalinya tampil menggunakan gitar elektrik, mengukuhkan transformasinya dari musisi folk ballad menjadi seorang rocker. Berkat transformasi ini, Dylan mampu menelurkan album legendaris, Highway 61 Revisited dan Blonde on Blonde.

Dalam kesempatan yang sama, Christie juga melelang sejumlah kertas berisi tulisan tangan dari versi awal lirik lagu-lagu ternama Dylan. Kertas-kertas tersebut ditawarkan dengan harga mulai dari USD 300 hingga USD 3.000.(dil/jpnn)

 


NEW YORK - Gitar listrik milik musisi ternama, Bob Dylan terjual dengan harga USD 965 ribu atau sekitar Rp 11 miliar dalam sebuah lelang di New York


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News