Global Mediacom Terbitkan Obligasi & Sukuk Rp 1,5 Triliun

Global Mediacom Terbitkan Obligasi & Sukuk Rp 1,5 Triliun
PT Global Mediacom. Foto IST

jpnn.com, JAKARTA - PT Global Mediacom Tbk (BMTR) menerbitkan obligasi dan Sukuk senilai Rp 1,5 triliun untuk kebutuhan pendanaan dan modal kerja.

Induk perusahaan MNC Media tersebut melakukan penawaran umum berkelanjutan (PUB) I Global Mediacom dengan target dana yang dihimpun senilai Rp 1,1 triliun.

Emisi obligasi tahap I yang dirilis mencapai Rp 850 miliar.

Direktur Keuangan PT Global Mediacom Tbk Oerianto Guyandi mengatakan, obligasi tersebut ditawarkan dalam tiga tenor, yakni 5, 6, dan 7 tahun.

"Kupon obligasi berada pada rentang 10,75%-11,50% untuk tenor 5 tahun, kisaran 11,00%-11,75% untuk 6 tahun, dan 11,25%-12,00% untuk 7 tahun," ujarnya saat konferensi pers usai Due Diligence dan Public Expose di Jakarta Concert Hall Gedung MNC News Center, Kebonsirih Jakarta, Senin (5/6/2017).

Bunga obligasi dibayarkan setiap triwulan, sesuai dengan tanggal pembayaran bunga obligasi.

Secara bersamaan, Global Mediacom juga merilis Sukuk Ijarah berkelanjutan dengan target penghimpunan dana Rp 400 miliar. Sukuk Ijarah tahap I akan dirilis senilai maksimum Rp 250 miliar.

Sukuk Ijarah ditawarkan dalam tiga tenor, yakni 5, 6, dan 7 tahun. Cicilan imbalan Sukuk ijarah masing-masing pada rentang 10,75%-11,50% untuk tenor 5 tahun, kisaran 11,00%-11,75% untuk 6 tahun, dan 11,25%-12,00% untuk 7 tahun.

Cicilan imbalan ijarah dibayarkan setiap tiga bulan sesuai dengan tanggal pembayaran cicilan imbalan ijarah.

Dalam rangka penerbitan obligasi dan Sukuk ijarah ini, perseroan telah memperoleh hasil pemeringkatan atas efek hutang jangka panjang dari PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) yakni idA+ dan idA+ syariah.

Bertindak selaku penjamin pelaksana emisi adalah PT Danareksa Sekuritas, PT DBS Vickers Sekuritas Indonesia, PT MNC Sekuritas, dan PT Trimegah Sekuritas Indonesia Tbk. Sedangkan, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. bertindak selaku wali amanat.

Masa penawaran awal obligasi dijadwalkan pada 5-15 Juni, efektif pada 23 Juni, masa penawaran 4-5 Juli, penjatahan 6 Juli, pencatatan pada PT Bursa Efek Indonesia pada 10 Juli 2017.

Seluruh dana yang diperoleh dari hasil PUB ini setelah dikurangi biaya-biaya emisi Obligasi, akan dipergunakan seluruhnya untuk pelunasan sebagian (refinancing) pinjaman rupiah yang dimiliki oleh perseroan.(chi/jpnn)


PT Global Mediacom Tbk (BMTR) menerbitkan obligasi dan Sukuk senilai Rp 1,5 triliun untuk kebutuhan pendanaan dan modal kerja. Induk perusahaan MNC


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News