GM Stop Produksi Hummer-Pontiac

Awal Juni Nyatakan Pailit

GM Stop Produksi Hummer-Pontiac
Foto: AP
DETROIT - Raksasa otomotif AS General Motors (GM) dipastikan bakal pailit awal Juni mendatang. Sebab, kreditor obligasi tidak lagi menentang rencana pembangkrutan produsen mobil terbesar kedua di dunia itu. Menurut eksekutif GM yang ikut perundingan, ikon otomotif AS itu akan mengajukan proteksi kepailitan atau lazim disebut Chapter 11.

''Dengan begitu, kami bisa keluar dari masalah ini secepat mungkin. Pemerintah AS menginginkan uangnya kembali dan kami berencana mengembalikan secepat mungkin,'' terang GM Vice Chairman Bob Lutz di Detroit seperti dilansir AP.

Dengan menggunakan Chapter 11, perusahaan yang bangkrut dapat merestrukturisasi tanpa khawatir asetnya disita kreditor dan pemasok. Perusahaan pun memperoleh kesempatan mendapatkan pinjaman baru -GM bakal disuntik dana segar oleh pemerintah AS. Karena itu, muncul guyonan bahwa GM berubah nama menjadi Government Motors. Selain itu, pengadilan memberikan hak kepada perusahaan untuk menunda atau membatalkan kontrak.

Dalam skema pembangkrutan yang disusun pemerintahan Barack Obama, aset-aset busuk GM bakal dikelompokkan dan dilikuidasi hingga memperoleh angka kerugian minimal. Sedangkan aset yang masih sehat disatukan dan dibikinkan perusahaan baru yang menguntungkan. Dalam perusahaan baru itu, Depkeu AS memegang 72,5 persen saham. Sedangkan sisanya untuk kreditor dan serikat pekerja. Pemegang saham lama dipastikan bakal kehilangan segalanya.

DETROIT - Raksasa otomotif AS General Motors (GM) dipastikan bakal pailit awal Juni mendatang. Sebab, kreditor obligasi tidak lagi menentang rencana

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News