GMF Seriusi Bisnis Perawatan Pesawat Baling-Baling

GMF Seriusi Bisnis Perawatan Pesawat Baling-Baling
GMF Seriusi Bisnis Perawatan Pesawat Baling-Baling

jpnn.com - JAKARTA – PT GMF AeroAsia berupaya memperluas pasar bisnis perawatan pesawat. Tak hanya merawat pesawat bermesin jet, GMF juga meluaskan bidikan pada perawatan pesawat terbang bermesin baling-baling (turboprop) yang semakin berkembang di Indonesia.

Dalam rangka itu pula, GMF menggandeng PT Indopelita Aircraft Services. Direktur Utama PT GMF AeroAsia, Richard Budihadianto menuturkan, pihaknya dan Indopelita telah menjalin kerjasama dengan konsep strategic partnership meliputi pengembangan fasilitas perawatan pesawat dan pendukungnya.

Menurut Richard, kerjasama itu meliputi line maintenance, base maintenance, engineering & planning, quality system, supply chain material, human resources hingga joint marketing dan joint venture. "Kerjasama ini memang difokuskan untuk menggarap pasar perawatan pesawat turbo propeller," ujar Richard melalui keterangan tertulisnya, Sabtu (12/10).

Selama ini, kata Richard, GMF AeroAsia menangani perawatan pesawat bermesin jet dari berbagai tipe. Sedangkan Indopelita Aircraft Services memiliki kapabilitas dan pengalaman menangani perawatan pesawat turboprop.

"Saat ini, GMF mendapatkan kepercayaan dari Garuda Indonesia untuk menangani perawatan pesawat turboprop ATR72-600 yang akan dioperasikan Garuda mulai Desember 2013. Karena itu, kami menggandeng Indopelita untuk menangani perawatan pesawat ATR72-600 ini,” tuturnya.

Menurut Richard, meski kerjasama ini diproyeksikan untuk menggarap perawatan pesawat ATR72-600 Garuda Indonesia, namun tak menutup kemungkinan juga bisa menangani pesawat sejenis dari maskapai lain. Menurutnya, peluang pasar di luar Garuda sangat memungkinkan juga digarap.

"Apalagi beberapa maskapai seperti Wings Air, telah mengoperasikan pesawat ATR72-600. Begitu juga dengan beberapa airline domestik seperti NAM Air yang juga memesan pesawat sejenis untuk melayani rute-rute jarak pendek yang tumbuh signifikan," paparnya.
 
Garuda Indonesia tengah mengembangkan jalur penerbangan dengan mengoperasikan pesawat turbo propeller untuk rute-rute tertentu. Sebanyak 25 pesawat ATR72-600 telah dipesan dengan opsi tambahan 10 unit pesawat hingga tahun 2017. Untuk tahap awal, Garuda akan mengoperasikan 2 unit pesawat ATR72 pada Desember 2013 mendatang.(chi/jpnn)


JAKARTA – PT GMF AeroAsia berupaya memperluas pasar bisnis perawatan pesawat. Tak hanya merawat pesawat bermesin jet, GMF juga meluaskan bidikan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News