Gojek Xcelerate Bawa 11 Startup Sukses di Masa Pandemi

Gojek Xcelerate Bawa 11 Startup Sukses di Masa Pandemi
Gojek Xcelerate. Foto: Gojek

jpnn.com, JAKARTA - Gojek ikut membawa startup Indonesia melewati tantangan bisnis pada masa pandemi Covid-19, melalui program akselerator Gojek Xcelerate.

Masuk batch ke-4, Gojek Xcelerate melatih 11 startup lokal untuk fokus pada model bisnis direct-to-consumer. Lewat model bisnis ini, mereka harus berfokus untuk menjual langsung produknya ke konsumen.

Adapun sebelas startup yang mendapat pelatihan dari Gojek Xcelerate tahun ini di antaranya Bartega, Trope, Rollover Reaction, Pura, Getgo, Watt, Elio, Mena Indonesia, Jejak.in, Kerokoo, dan Sare.

Startup terpilih diberi pelatihan dalam kreativitas dan inovasi agar bisa menyesuaikan bisnis dengan cepat, sesuai perilaku konsumen yang berubah selama pandemi.

Head of Groceries Gojek Tarun Agarwal mengatakan, di tengah pandemi penerapan model bisnis direct-to-consumer menjadi efektif karena membantu startup berinteraksi langsung dengan pengguna yang kini lebih banyak menghabiskan waktu secara online.

Dengan strategi ini, startup juga dapat memperoleh data dan umpan balik dengan cepat sehingga dapat lebih menyesuaikan produk seiring perubahan di pasar.

Penerapan model bisnis direct-to-consumer sendiri terbukti membawa Gojek ke status decacorn, sekaligus menjadikannya lebih resilien selama pandemi.

“Gojek turut mengembangkan layanan yang membantu konsumen berbelanja kebutuhan sehari-hari (groceries) melalui layanan GoMart dan GoShop.  Layanan GoFood pun disesuaikan semenjak pandemi COVID-19 dengan bergabungnya pasar mitra tani yang menjual bahan pokok ke dalam platform, serta  hadirnya GoFresh," ungkapnya.

Gojek ikut membawa startup Indonesia melewati tantangan bisnis pada masa pandemi Covid-19, melalui program akselerator Gojek Xcelerate.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News