Golkar Andalkan Survei, PKS Bidik Jawa

Golkar Andalkan Survei, PKS Bidik Jawa
Golkar Andalkan Survei, PKS Bidik Jawa
JAKARTA - Partai politik kini memfokuskan konsentrasi menatap pemilihan kepala daerah (Pilkada). Pada 2010, ada tujuh pemilihan gubernur (Pilgub) dan 237 pemilihan bupati (Pilbup)/pemilihan walikota (Pilwali). Parpol kini sudah menyiapkan strategi untuk memenangkan kader yang bertarung memperebutkan kursi penguasa di level lokal itu.

Golkar misalnya, memasang target untuk bisa lebih berjaya jika dibandingkan dengan era 2005-2008. Di era sebelum pemilihan Pileg dan Pilpres itu, Golkar memenangkan 26 persen dari 27 Pilgub dan 48 persen dari 402 Pilbup/Pilwali. Kemenangan itu baik dalam bentuk maju sendiri maupun koalisi.

Ketua DPP Partai Golkar Priyo Budi Santoso menjelaskan, partainya akan berusaha keras untuk melampaui kesuksesan yang diperoleh dalam Pilkada sepanjang 2005-2008. "Kami berharap ke depan bisa lebih baik lagi," kata Priyo di Jakarta, Minggu (22/11). Menurut dia, Partai Golkar akan mempertahankan mekanisme penjaringan yang telah berjalan. Seleksi internal itu bertitik tumpu antara lain pada hasil survei.

"Kandidat-kandidat yang muncul di daerah disurvei dulu oleh DPD," jelas Priyo. Hasil survei itu selanjutnya menjadi dasar pertimbangan saat dilakukan voting dalam Rapimda. Untuk pemilihan bupati dan walikota, suara DPP relatif kecil, yakni 20 persen.

JAKARTA - Partai politik kini memfokuskan konsentrasi menatap pemilihan kepala daerah (Pilkada). Pada 2010, ada tujuh pemilihan gubernur (Pilgub)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News