Golkar Dinilai Telah Bertransformasi Jadi Partai Modern

Golkar Dinilai Telah Bertransformasi Jadi Partai Modern
Ilustrasi Partai Golkar. Foto: Ricardo/JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Partai Golkar dinilai berhasil melakukan transformasi institusi partai menjadi partai modern. Sejumlah indikatornya adalah keberhasilan partai dalam memfasilitasi ruang-ruang politik bagi anak-anak muda.

Serta kemampuan Partai Golkar dibawah kepemimpinan Airlangga Hartarto beradaptasi dengan isu-isu sosial ekonomi kekinian secara produktif sejalan dengan agenda pembangunan nasional.

Hal ini dinyatakan pengamat politik Akar Rumput Strategic Consulting (ARSC), Suciliani Octavia dalam sebuah diskusi online, Selasa (30/3).

Suci menyebut langkah Partai Golkar memberikan ruang bagi anak muda merupakan sebuah komitmen politik yang riil terhadap regenerasi dan transformasi partai politik menjadi semakin modern dan terbuka.

“Partai Golkar berhasil memanfaatkan momentum bonus demografi dan potensi partisipasi anak muda. Saya lihat proses rekrutmen dan ruang politik disediakan untuk anak muda mulai dari daerah sampai nasional. Bagi saya, di tengah gejala kejumudan dan resistensi kelompok tua dalam politik nasional. Golkar menunjukkan komitmen transformasi,” ujar Suci.

Terlebih, kata Suci, selama ini rekrutmen partai politik cenderung hanya berada pada wilayah elite, status quo dan kurang merespon isu-isu kekinian, utamanya anak muda.

“Partai modern adalah partai yang melakukan transformasi dalam hal regenerasi. Terlebih di 2024 nanti pemilih muda sebesar 60 persen. Anak-anak muda ini memiliki isunya sendiri yang khas dan sesuai dengan zamannya, yakni ekonomi kreatif dan digital,” tutup Suci.

Hal senada juga disampaikan oleh anggota Fraksi Partai Golkar DPR RI, Christina Aryani. Menurutnya, Partai Golkar saat ini tengah memasuki fase transformasi politik beradaptasi dengan perkembangan sosial ekonomi dan kenyataan demografi.

Christina mengatakan, berdasarkan hasil survei Indikator Politik Indonesia, Partai Golkar menempati posisi tiga besar sebagai partai politik pilihan anak muda

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News