Golkar Keluar Munculkan Persoalan

Hari Ini Voting RUU Pemilu

Golkar Keluar Munculkan Persoalan
Golkar Keluar Munculkan Persoalan
JAKARTA - Masih saja terjadi perdebatan alot saat forum lobi terkait RUU Pemilu hingga Kamis (12/4) dinihari. Beberapa poin krusial yang menjadi perdebatan itu terkait konversi suara menjadi kursi apakah dengan sistem webster atau kuota murni. Kemudian, masalah penerapan angka Parliamentary Threshold (PT), antara nasional dan provinsi, kabupaten/kota juga menyebabkan perdebatan.

Ketua DPR Marzuki Alie, Kamis (12/4) dinihari di sela-sela forum lobi, mengatakan, masih ada yang ingin menggunakan metode webster dan kuota murni. "Itu tadi (Rabu) siang sudah mengerucut,  sudah menginginkan voting parsial. Tapi, tadi (Rabu) siang ada yang minta voting paket sehingga tidak ketemu," kata Marzuki Alie, kepada wartawan, di Gedung DPR, Senayan, Jakarta.

Lalu, kata Marzuki, perdebatan pun berkembang soal PT. Kata Marzuki, "Kalau kita tidak memerhatikan suara rakyat yang ada di daerah, artinya ada partai yang tidak lolos PT nasional, tetapi dia mendapatkan suara di daerah yang sebelumnya itu tidak dipertimbangkan."

Marzuki menambahkan, di dalam lobi-lobi muncul ide bahwa hak suara atau suara yang diberikan rakyat di daerah terhadap partai yang tidak lolos PT nasional harusnya diakomodir juga. "Itu dibuatkan pasalnya 209," tegasnya.

JAKARTA - Masih saja terjadi perdebatan alot saat forum lobi terkait RUU Pemilu hingga Kamis (12/4) dinihari. Beberapa poin krusial yang menjadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News