Golkar Optimis Capai Target

Golkar Optimis Capai Target
Golkar Optimis Capai Target
    JAKARTA--Mekanisme suara terbanyak yang diterapkan Golkar untuk menetapkan anggota legislatifnya pada Pemilu 2009 mendatang, diyakini Ketua Umum DPP Golkar, HM. Jusuf Kalla (JK) akan mendongkrak perolehan suara Golkar pada pemilu legislatif mendatang. Golkar pun optimis target 30 persen yang sudah dipatok dapat terwujud.  

jpnn.com -     "O iya. Golkar optimis di Pemilu legislatif dengan target 30 persen," tegas JK di Istana Wakil Presiden RI, Jakarta, 15 Agustus 2008.

    Menurut JK, keputusan Golkar menggunakan suara terbanyak bertujuan mendekatkan wakil rakyat dengan rakyatnya. Juga, mendorong caleg tidak hanya bertanggung jawab pada partai, tapi juga pada konstituennya. JK pun yakin, mekanisme ini akan memaksa sang caleg harus bekerja mati-matian dan langsung turun ke tengah konstituen.

    "Kalau ini diberlakukan, lihat nanti setiap minggu, dia (caleg) mesti pulang ke daerahnya. Karena kalau tidak, lima tahun lagi tidak dipilih. Jadi sudah mendekati kepada distrik. Bukan lebih dekat kepada ketua umumnya," tegas JK.

    Caleg yang berada di nomor urut atas yang mendapat suara lebih rendah, akan diminta untuk mengundurkan diri. Menurut JK, hal ini tidak bertentangan dengan UU mengingat seorang caleg bisa  tidak dilantik karena meninggal dunia atau mengundurkan diri. "Ada jalur itu," terangnya lagi.

    Hal ini diberlakukan Golkar tanpa terkecuali. Bahkan, Dave Laksono, anak Agung laksono juga harus tunduk pada mekanisme yang sudah ditetapkan Golkar. "Harus diberikan hak yang sama, tidak ada perlakuan khusus, tetapi terbatas. Mekanisme sama, perlakuannya sama, kalau kredibel maka harus diberikan hak yang sama, tetapi terbatas," tegas JK.

    Untuk caleg, Golkar menyisihkan jatah 10 persen untuk jalur khusus. Disipakan bagi para tokoh muda, serta para ahli yang mempunyai keahlian khusus. "Katakanlah kita minta ekonom-ekonom yang baik, kita minta ahli hukum, sosial, yang baik atau pengalaman," terang JK.

    JK mencontohkan, beberapa nama yang sudah masuk melalui jalur khusus seperti Jeffrey dan Indra J Piliang yang masuk di Sumatera Barat. Jalur khusus ini dipastikan JK tidak akan mengganggu peluang kader Golkar yang meniti karir politik dari bawah. "Tidak menghalangi jalur dari bawah. Masih ada 90 persen jalur dari bawah," tegasnya. (ysd)

    JAKARTA--Mekanisme suara terbanyak yang diterapkan Golkar untuk menetapkan anggota legislatifnya pada Pemilu 2009 mendatang, diyakini


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News