Golkar - PDIP Diprediksi Bakal Berkoalisi

Golkar - PDIP Diprediksi Bakal Berkoalisi
Golkar - PDIP Diprediksi Bakal Berkoalisi

jpnn.com - JAKARTA - Pengamat politik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Firman Noor memprediksi bahwa Partai Golkar akan berkoalisi dengan PDI Perjuangan.

"Track record partai ini (Golkar) selalu dalam koalisi," kata Firman saat dihubungi, Selasa (8/4). Menurutnya, sejak era orde baru dulu, Golkar selalu menjadi penguasa dan pada era reformasi juga masih dalam kondisi sama. Siapapun presidennya, kata dia, Golkar selalu berada dalam koalisi. Sebab, belum ada sejarahnya Golkar berada di luar koalisi, karena partai ini selalu memanfaatkan kekuasaan.

Menurut Firman, saat ini PDIP memiliki elektabilitas tertinggi berdasarkan survei. Figur Golkar, seperti Akbar Tanjung, dulu pernah membangun koalisi bersama PDIP dalam koalisi kebangsaan. Tidak menutup kemungkinan pada 2014 ini, koalisi Golkar dan PDIP terbangun lagi.

Firman menyatakan PDIP jika menjadi partai penguasa perlu berkoalisi dengan Golkar untuk melanggengkan kekuasaan. "Ketika koalisi ini tercipta, lembaga eksekutif dan legislatif akan berjalan beriringan," katanya.

Sedangkan Wasekjen PDIP Eriko Sotarduga menjelaskan pihaknya selalu berkomunikasi dan bersilaturahmi dengan banyak pihak, termasuk Golkar. "Hanya mengenai kerjasama atau koalisi, pembicaraan secara khusus setelah pileg nanti," jelasnya. (Boy/jpnn)

JAKARTA - Pengamat politik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Firman Noor memprediksi bahwa Partai Golkar akan berkoalisi dengan PDI Perjuangan.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News