Golkar Segera Diverifikasi, Airlangga Gelar Pleno Perdana

Golkar Segera Diverifikasi, Airlangga Gelar Pleno Perdana
Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto membacakan struktur kepengurusan baru Partai Golkar di DPP PG, Senin (22/1). Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Umum Partai Golongan Karya Airlangga Hartarto menggelar rapat pleno perdana di era kepemimpinannya, Senin (29/1). Pleno DPP Golkar itu sekaligus sebagai persiapan menghadapi verifikasi faktual oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Pleno DPPGolkar dimulai sekitar pukul 10.30 secara tertutup. Sejumlah pimpinan DPP Partai Golkar hadir, termasuk Ketua Koordinator Bidang Hubungan Eksekutif dan Legislatif Idrus Marham yang kini menjadi menteri sosial.

Airlangga sebelum memimpin pleno mengatakan, ada dua agenda yang akan dibahas. Selain membahas isu internal, Partai Golkar dalam hitungan jam akan menghadapi verifikasi faktual oleh KPU. "Verifikasi siang nanti," kata Airlangga.

Menurut dia, sesuai putusan Mahkamah Konstitusi (MK) maka seluruh partai politik peserta Pemilu 2014 yang hendaj menjadi kontestan Pemilu 2019 harus diverifikasi. Karena itu, Partai Golkar tentu harus siap menghadapi proses verifikasi itu.

"Karena itu putusan MK, tentu harus dijalankan," ujarnya. 

Proses verifikasi faktual oleh KPU mensyaratkan terpenuhinya tiga ketentuan. Pertama adalah kepengurusan inti, yakni ketum, sekjen dan bendahara partai.

Kedua adalah syarat domisili kantot partai. Ketiga adalah terpenuhinya kuota 30 persen kepengurusan perempuan.(bay/jpk)


Ketua Umum Partai Golongan Karya Airlangga Hartarto menggelar pleno perdana di era kepemimpinannya. Pleno itu sebagai persiapan golkar menjalani verifikasi KPU.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News