JPNN.com

Good, Jajaran TNI di Banyuasin Gandeng Pemda demi Perkuat Ketahanan Pangan

Senin, 27 Juli 2020 – 21:41 WIB
Good, Jajaran TNI di Banyuasin Gandeng Pemda demi Perkuat Ketahanan Pangan - JPNN.com
Sinergi Kodim 0430/Banyuasin dan Pemkab Banyuasin dalam rangka memanfaatkan lahan untuk penanaman jagung. Foto: BPPSDMP Kementan

jpnn.com, BANYUASIN - Para pemangku kepentingan di Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan (Sumsel) bergerak dalam memperkuat ketahanan pangan.

Dalam rangka itu pula Kodim 0430/Banyuasin bersama Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Banyuasin memanfaatkan lahan kosong untuk bertanam jagung.

Ada lahan kosong di Markas Kodim Banyuasin yang dimanfaatkan untuk memperkuat ketahanan pangan tersebut. Kegiatan penanaman jagung itu juga melibatkan para prajurit Kodim 0430/Banyuasin.

Langkah ini sejalan dengan arahan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) tentang pentingnya menjaga ketahanan pangan. Menurutnya, ketahanan pangan bukan hanya menjadi tugas Kementerian Pertanian.

“Seluruh pihak harus ikut menjaga ketahanan pangan. Oleh karena itu, ketersediaan pangan pangan dikawal pemerintah secara intens, didukung kerja keras petani dan para pemangku kepentingan termasuk TNI-AD yang dilakukan oleh Kodim 0430/Banyuasin,” tutur Mentan SYL, Senin (27/07).

Hal senada dikemukakan Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan Dedi Nursyamsi. Dia menjelaskan, sektor pertanian mampu bertahan pada masa pandemi penyakit virus corona 2019 (Covid-19).

“Pandemi Covid-19 memengaruhi perekonomian, begitu juga pertanian. Namun, sektor pertanian mampu kukuh lantaran kerja keras petani didampingi penyuluh dan juga pemanggu kepentingan lainnya, termasuk aparat TNI-AD yang juga terjun langsung memanfaatkan lahan-lahan tidak produktif menjadi lahan produktif untuk berkonstribusi dalam penyediaan pangan,” paparnya.

Sementara Dandim 0430/Banyuasin Letnan Kolonel (Arh) Alfian Amran saat menyampaikan kata sambutan pada pembukaan Program Penyelenggaraan Pembinaan Ketahanan Pangan di markasnya menyatakan, kegiatan itu sebagai antisipasi serta mencegah kelangkaan bahan pangan di wilayah teritorial, terutama saat pandemi Covid-19.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
ara