JPNN.com

GP Ansor dan Aice Group Usulkan Gerakan Pentahelix di Setiap Provinsi

Rabu, 03 Maret 2021 – 23:27 WIB
GP Ansor dan Aice Group Usulkan Gerakan Pentahelix di Setiap Provinsi - JPNN.com
GP Ansor dan Aice Group saat menyalurkan bantuan kepada korban bencana. Foto: dok for jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor) dan Aice Group mengimbau semua pihak untuk selalu siap menghadapi bencana.

"Persiapan terbaik dalam menghadapi bencana adalah dengan membangun kolaborasi pentahelix di tiap wilayah Indonesia. Terutama di wilayah dengan kerawanan bencana tinggi,” kata Ketua Pengurus Pusat GP Ansor Faisal Saimima dalam keterangannya, Rabu (3/3).

Faisal mengatakan, gotong royong adalah resep yang sesuai dengan gen anak bangsa dalam menghadapi cobaan bencana.

"Gotong royong yang tergambar dalam gerakan pentahelix perlu diperbanyak. Kalau perlu di berbagai provinsi yang rawan bencana ganda, publik perlu membangun koalisi pentahelix di tingkatan lokal,” imbuhnya.

Menurut Faisal, aktivitas Banser dan Ansor di Sulawesi Barat (Sulbar), Kalimantan Selatan (Kalsel) dan banyak titik bencana lainnya, menghimpun dukungan semua pihak.

"Gerakan pentahelix yang kami jalankan bersama Aice Group sudah membuktikan bahwa kombinasi dukungan swasta, pemerintah, dan banyak helix lain telah membantu gerakan Banser dalam membantu pengungsi di bencana yang terjadi,” katanya menambahkan.

Kolaborasi pentahelix terdiri dari peranan pemerintah pusat dan daerah yang berbasis komunitas, dengan menitikberatkan peran-peran banyak pihak.

"Kolaborasi partisipatif ini yang dijadikan strategi GP Ansor dan Aice Group dalam mengefektifkan upaya pencegahan dan penanganan bencana alam dan pandemi yang terjadi sejak awal tahun lalu,” tandas Faisal.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...