2.112 Personel Polda Kalteng Disiagakan, Kapolda Turun Tangan

2.112 Personel Polda Kalteng Disiagakan, Kapolda Turun Tangan
Kapolda Kalteng Irjen Pol. Dedi Prasetyo. Foto: ANTARA/HO-Humas Polda Kalteng

jpnn.com, JAKARTA - Sebuah upaya pencegahan langsung disiapkan Kepolisian Daerah Kalimantan Tengah terkait bencana kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah hukumnya.

Polda Kalteng telah menyiagakan sebanyak 2.112 personel untuk pencegahan karhutla.

"Polda Kalteng beserta polres menjamin terselenggaranya pengendalian karhutla di provinsi ini secara komprehensif serta mengedepankan literasi penegakan hukum positif dengan mengedepankan kearifan lokal," kata Kapolda Kalteng Irjen Pol. Dedi Prasetyo di Palangka Raya, Rabu.

Hal itu disampaikan Dedi dalam rapat koordinasi dalam rangka penanganan karhutla di wilayah provinsi bersama Gubernur Kalteng Sugianto Sabran, Danrem 102 Panju Panjung, dan instansi terkait di Aula Jayang Tingang Kota Palangka Raya.

Kegiatan itu diikuti pula pemerintah kabupaten dan kota secara virtual.

Jauh hari sebelum adanya bencana karhutla di provinsi yang memiliki luas dua kali dari Pulau Jawa ini, kata dia, pihaknya sudah mempersiapkan sarana dan personel sebagai antisipasi kemungkinan yang bakal terjadi.

Kesiapsiagaan itu, menurut Kapolda, agar bencana yang juga sangat membahayakan kesehatan serta bisa memengaruhi perekonomian daerah dapat ditanggulangi sejak dini dan tidak sampai terjadi kabut asap seperti pada 2015.

Polda Kalimantan Tengah juga sudah menggelar sarana dan prasarana yang mereka miliki, baik mobil water canon serta sejumlah alat pemadam api manual.

Sebuah upaya pencegahan langsung disiapkan Kepolisian Daerah Kalimantan Tengah dengan menerjunkan 2.112 personel.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News