GPJ Dukung DPR Bentuk Panja Jamu

GPJ Dukung DPR Bentuk Panja Jamu
GPJ Dukung DPR Bentuk Panja Jamu
JAKARTA- Ketua Gabungan Pengusaha Jamu (GPJ) Charles Saerang menyambut positif upaya Komisi IX DPR membentuk Panitia Kerja (Panja) jamu. "Selama ini, perhatian DPR dan pemerintah terhadap produk jamu sama sangat tidak adil. Dengan adanya niat politis dewan untuk membentuk Panja, jelas ini akan mendorong jamu untuk lebih eksis di pasar nasional dan internasional," kata Charles Saerang, usai rapat dengar pendapat umum (RDPU) dengan Komisi IX dengan GPJ, dipimpin Wakil Ketua Komisi IX Soemarjati Arjoso, di DPR Senayan Jakarta, Selasa (4/5).

Produk jamu Indonesia, lanjutnya, sesungguhnya punya andil cukup besar dalam menyehatkan rakyat Indonesia. Untuk itu, harus ada kebijakan khusus dari pemerintah untuk melestarikan jamu sebagai produk budaya bangsa.

 

Selama ini, dalam banyak kasus terjadi berbagai tindakan instansi pemerintah terkait yang mengeluarkan berbagai keputusan yang mempersempit ruang gerak dan pasar jamu. Kita berharap, Panja bisa meluruskan berbagai kebijakan dimaksud.

Dia mencontohkan, ada beberapa produk jamu Indonesia yang karena khasiatnya dirasakan sangat baik oleh konsumen, namun dengan berbagai alasan jamu tersebut dilarang beredar karena dianggap mempunyai unsur membahayakan kesehatan. "Ketika kami minta unsur apa yang membahayakan dimaksud, biasanya pihak pemerintah tidak mau mengungkapnya," kata Charles Saerang.

JAKARTA- Ketua Gabungan Pengusaha Jamu (GPJ) Charles Saerang menyambut positif upaya Komisi IX DPR membentuk Panitia Kerja (Panja) jamu. "Selama

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News